Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap manusia pasti akan dibenturkan dengan berbagai macam problema. Sebab, hidup itu tidak selamanya indah, pasti ada beberapa kendala yang akan menghadang.

Namun, sebagai manusia yang dibekali akal, sudah sepatutnya kita tidak menyerah akan hadangan itu. Justru, alangkah sangat bijak jika setiap manusia bisa menggunakan akalnya untuk mencari cara agar bisa meruntuhkan hadangan yang datang bertubi-tubi agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Seperti diketahui, tidak ada orang yang langsung terlahir hebat karena semua butuh proses. Semakin banyak proses yang dialami, maka semakin tinggi pula kualitas hidup yang dimiliki. Namun, kadang ekspektasi tidak berjalan seperti harapan. Banyak orang yang berkeinginan untuk hidup layak, namun tidak kuat menghadapi berbagai macam problem.

Bahkan, akibat dari masalah demi masalah yang menghadang tersebut, ada yang sampai memiliki pikiran negatif, seperti menyalahkan takdir, menyalahkan orang lain, mengeluh sepanjang waktu, mencari-cari alasan, dan masih banyak lagi pikiran negatif lainnya.

Padahal, sebaik-baiknya orang adalah mereka yang memiliki pola pikir positif, baik kepada diri sendiri ataupun kepada orang lain. Nah, agar kita terhindar dari sifat dan pola pikir yang negatif, alangkah baiknya jika kita mengetahui beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan kualitas hidup.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar

1. Selalu Bersyukur

Sebagai manusia yang sadar akan kekurangan dan kelebihan diri, alangkah sangat bijaksana dengan apa yang dimilikinya. Cara menerima kekurangan dan kelebihan diri adalah dengan bersyukur. Ya, dengan bersyukur, seseorang bisa mendapatkan ketenangan serta kebahagiaan yang tak terduga. Selain itu, bersyukur juga merupakan cara paling romantis untuk mengucap terima kasih kepada Sang Pencipta.

2. Perhatikan Topik Bicara

Ada sebuah istilah yang menyebutkan bahwa apa yang kita bicarakan dan kita lihat saat ini adalah gambaran atau proyeksi diri beberapa tahun ke depan. Jadi, semakin banyak berucap yang baik-baik, maka semakin baik pula kita di masa depan. Ini adalah hukum alam yang tidak bisa disangkal. Bicara baik juga tidak ada biaya, alias gratis. Jadi, masih enggan untuk berdiskusi topik yang baik dan bermanfaat?

Baca Lagi: 5 Tips Membangun Rasa Percaya Diri

3. Menghargai Orang Lain

Manusia itu adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup seorang diri. Jadi, baik-baiklah dalam bermasyarakat. Jangan menjadi orang yang sombong, angkuh, acuh, dan menganggap diri paling hebat. Penyakit hati itu justru akan membuat pikiran menjadi negatif. Sebaliknya, ketika kita menghargai orang lain, maka pikiran kita pun menjadi lebih positif dan bisa menerima segala masukan, walau dari orang yang statusnya di bawah kita.

4. Jaga Pergaulan

Ada satu istilah lagi yang cukup menginspirasi, yang menyebutkan bahwa kita adalah lima orang terdekat kita. Maksudnya adalah, kita akan memiliki karakter serta pola pikir yang serupa dengan teman terdekat yang ditemui setiap hari. Jadi, dengan siapa kita bergaul, maka seperti itulah kita akan terbentuk. Oleh karenanya, jaga pergaulan sebaik mungkin agar kualitas hidup kita menjadi baik di kemudian hari.

5. Bangkit dari Kegagalan

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan, baik dalam pekerjaan, asmara, atau hal lainnya. Sebab, kegagalan itu sendiri merupakan proses yang akan mendewasakan kita. Semakin sering gagal, maka akan banyak pengalaman yang didapat. Sialnya, ketika seseorang tidak bisa bangkit dari kegagalan di masa lalu, maka dia akan terus terpuruk dalam penyesalan. Amat sangat disayangkan, padahal orang lain sedang berjuang, tapi dia masih saja terbayang akan kesalahan.

Author : Maulana Affandi