Pengertian Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja adalah kemampuan tenaga kerja atau karyawan dalam melakukan tugas yang diberikan. Karyawan dapat dikatakan produktif apabila mampu menyelesaikan tugas sesuai dengan tenggat waktu yang ditentukan.

Tentu saja semakin produktif seorang karyawan, semakin baik pula prestasinya di mata perusahaan. Sehingga besar kemungkinan ia akan naik jabatan dan juga naik gaji.

Baca juga: 9 Alasan Berhenti Kerja yang Profesional Saat Interview

Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Nah, buat kamu yang masih belum produktif, berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan produktifitas kerja.

1. Berpikir Positif

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dimulai dengan berpikir positif. Buanglah beban atau prasangka buruk tentang perusahaan. Sebab beban dan prasangka tersebut hanya akan menghambat produktivitasmu.

2. Membuat Planning

Sebagai karyawan yang profesional, kamu harus punya planning dan rancangan konsep tentang apa yang akan kamu lakukan. Jadi, dengan planning dan rancangan konsep tersebut, kerja menjadi lebih tertata dan semakin produktif.

3. Memiliki Prioritas

Kamu harus memiliki prioritas dalam pekerjaan. Tidak semua tugas harus diselesaikan dalam satu waktu. Kamu harus bisa mengatur, mana yang lebih prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu sehingga semua tugas tidak akan terbengkalai.

Baca juga: Miliki 4 Soft Skill ini Maka Kamu Akan Mudah Mendapat Pekerjaan

4. Kejar Deadline

Hal yang kadang membuat karyawan pusing adalah deadline yang ketat. Padahal, dengan deadline tersebut, karyawan dilatih untuk lebih dapat produktif dalam bekerja. Jangan mengeluh, tapi coba untuk mengejar deadline semaksimal mungkin.

5. Jaga Kesehatan

Salah satu faktor penting penentu produktivitas kerja adalah kesehatan. Untuk itu, alangkah baiknya jika kamu menjaga kesehatan dari sekarang, seperti makan teratur, istirahat cuku, dan rajin berolahraga.

6. Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja ini penting dilakukan oleh setiap orang. Sebab dengan mengevaluasi kinerja, kamu akan tahu apa kekurangan dan kelebihanmu dalam bekerja. Nantinya kamu bisa memperbaiki kekurangan dan mempertahankan kelebihan yang kamu miliki.

7. Menerima Masukan

Hal ini penting dan seringkali diabaikan. Jangan menjadi orang yang angkuh dan mengganggap diri paling benar. Terima semua masukan dari orang lain. Dengan begitu, kamu akan mengetahui kekurangan diri untuk bisa bekerja lebih baik lagi.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan produktivitas kerja yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga sukses, ya!