Kamu punya cita-cita menjadi seorang penulis? Kalau benar, maka selamat!

Kenapa selamat? Ya, karena menjadi penulis itu adalah sebuah profesi yang keren. Selain bisa populer dengan karya, seorang penulis juga mampu menginspirasi banyak orang dari goresan katanya.

Ada dua bahan dasar yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis, yaitu ide dan pembendaharaan kata.

Ketika ide sudah kuat dan didukung dengan pembendaharaan kata yang luas. Maka kamu akan menjadi seorang penulis hebat.

Baca juga: Punya Pacar Penulis? Inilah 8 Kebahagiaan yang Akan Kamu Dapat!

Cara Menjadi Penulis

Nah, agar cita-citamu menjadi kenyataan, berikut adalah beberapa tips dan cara menjadi penulis yang harus kamu perhatikan dari sekarang. Berikut diantaranya:

1. Banyak Membaca

baca novel
Photo: pexels.com

Hal pertama yang harus dilakukan adalah banyak membaca. Biasakan diri untuk membaca setiap hari, baik karya sastra maupun karya ilmiah. Sebab dengan membaca kita bisa memiliki wawasan serta ide yang luas sehingga nantinya bisa dituangkan dalam karya sendiri.

2. Mulailah Menulis

menulis novel

Kamu harus rutin menulis. Tulislah tentang apa saja, misalnya curahan hati atau jenis tulisan lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk melatih kemampuan menulismu. Semakin sering dilatih, maka kemampuan menulis akan semakin baik.

3. Nonton Film

nonton film bahasa inggris

Nonton film bukan hanya sebuah kesenangan belaka, tapi juga ada segudang manfaat di baliknya. Salah satu manfaat nonton film adalah bisa memberikan inspirasi buatmu. Sebab, setiap naskah film pasti ditulis oleh ahlinya.

4. Buang Rasa Malas

pemalas
Photo: pexels

Kendala yang sering dialami oleh penulis adalah rasa malas. Sebisa mungkin buang rasa malas itu. Paksakan diri untuk duduk di depan laptop. Beri jatah waktu pada diri. Dalam sehari harus bisa menulis setidaknya minimal 1 jam.

5. Buat Kerangka Tulisan

menulis
photo credit : pexels.com

Kerangka tulisan sangat penting agar pembahasan tidak melebar ke mana-mana. Jika kamu ingin menulis buku tentang motivasi hidup, maka kerangka naskah harus sesuai dengan tema awal. Jangan sampai lari dari ide pokok karena akan memengaruhi nilai naskah tersebut.

Baca juga: Cara Mengirim Naskah ke Penerbit (Dijamin Lolos)

6. Selalu Mencatat Ide

baca novel online
Photo: pexels.com

Ketahuilah, ide dan inspirasi kadang datang di saat tak terduga, misalnya ketika sedang di dalam rumah ataupun tempat wisata. Nah, saat ide itu datang, segera tulis! Kamu bisa mencatat garis besarnya saja. Kalau tidak membawa buku catatan, kamu bisa menggunakan smartphone.

7. Menerima Kritik dan Masukan

nulis lirik lagu
photo: pexels.com

Setiap pekerja seni, termasuk penulis harus siap menerima kritik dan masukan dari orang lain. Hal tersebut bukan untuk menjatuhkanmu, tapi untuk kebaikan karya sastra yang kamu tulis. Semakin banyak masukan yang kamu dapat, maka kamu akan semakin tahu letak kesalahanmu.

8. Jangan Memikirkan Hasil

Jangan terlalu memikirkan hasil terlebih dahulu, tapi fokuslah menyelesaikan naskahmu. Ingat, hasil tidak akan mengkhianati usaha. Kamu akan menjadi penulis hebat dan terkenal ketika prosesnya dilakukan dengan sepenuh hati.

9. Berdoa kepada Tuhan YME

rajin ibadah
Photo : pexels.com

Ingatlah, ide dan inspirasi datang dari mana dan oleh siapa. Jadilah manusia yang bijak dengan mengerti bahwa sebenarnya kamu tidak akan pernah bisa melakukan apapun tanpa bantuan-Nya. Jadi, jangan lupa bersyukur dan berdoa agar segala urusanmu dimudahkan oleh-Nya.

Nah, itulah beberapa tips dan cara menjadi penulis yang bisa kamu lakukan agar cita-citamu segera menjadi kenyataan.

Ingatlah, tidak ada sesuatu yang instan. Semuanya pasti butuh proses. Jadi, jangan pernah malas, apalagi patah semangat. Semoga sukses, ya!

Author : Maulana Affandi