Perbedaan PDF dan Word

pdf

Sebelum membahas tentang cara merubah PDF ke Word, alangkah baiknya jika kita mengetahui dulu apa itu PDF dan apa itu Word.

Singkatnya, PDF atau Portable Document Files adalah berkas digital berformat .pdf yang bisa dibaca menggunakan gadget, misalnya smartphone atau komputer. Sedangkan word adalah perangkat lunak pengolah kata yang berformat .doc atau .docx sesuai versi dan ukurannya.

Jadi, Word lebih difungsikan untuk mengolah kata, sedangkan PDF untuk membaca kata, alias berkas.

Nah, itulah perbedaan PDF dan Word. Jika sudah paham, mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya tentang cara merubah PDF ke Word atau sebaliknya.

Baca juga: 5 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2019

Cara Merubah PDF ke Word

Cara merubah PDF ke Word ada dua, yaitu offline dan online. Jika Anda ingin secara offline, maka Anda harus menggunakan software yang harus diunduh terlebih dahulu.

Cara Merubah PDF ke Word dengan Aplikasi

Ada banyak software atau aplikasi convert PDF ke Word, salah satunya adalah UniPDF yang bisa Anda download secara gratis di sini.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Adobe Acrobat PRO. Caranya mudah, Anda hanya perlu membuka file PDF di Adobe Acrobat PRO, kemudian pilih Save As Other > Microsoft Word > pilih Word Document atau Word 97-2003.

Lalu, mengubah PDF ke Word juga bisa tanpa aplikasi tambahan, yakni langsung menggunakan Microsoft Word. Tapi Microsoft Word yang digunakan harus versi 2013  ke-atas karena versi sebelumnya tidak mendukung fitur ini.

Baca juga: 7 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Menunjang Prestasi di Sekolah

Cara Merubah PDF ke Word Online

Selanjutnya, Anda juga bisa mengubah file PDF ke Word tanpa aplikasi, yaitu dengan cara online. Cara ini terbilang cukup praktis dan mudah karena Anda hanya perlu mengunggah file, lalu mengubahnya secara gratis.

Yang dibutuhkan hanya koneksi internet saja. Waktu convert juga tidak terlalu lama sehingga Anda tidak akan menunggu lama.

Ada banyak situs penyedia convert PDF ke Word atau sebaliknya. Adapun beberapa situs tersebut antara lain:

  1. SmallPDF
  2. Convertonlinefree
  3. Pdf2doc
  4. Ilovepdf
  5. Freepdfconvert
  6. Sodapdf
  7. Pdf.io
  8. Hipdf
  9. Pdfcandy
  10. Pdfwordconvert

Itulah beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk merubah PDF ke Word online secara gratis. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunggah file PDF, lalu convert dan tunggu beberapa saat maka file akan berubah menjadi Word. Selanjutnya tinggal unduh hasil convert tersebut.

Baca juga: 5 Aplikasi Baca Novel Online Terbaik dan Gratis

Nah, itulah penjelasan singkat tentang cara merubah file PDF ke Word secara online ataupun offline. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.