Bagi setiap mahasiswa, mendapatkan tugas dari dosen adalah hal yang wajar, alias makanan sehai-hari. Bahkan, tugas yang akan diterima jumlahnya begitu banyak sehingga tak heran jika kebanyakan mahasiswa akan kewalahan untuk mengerjakan tugas tersebut.

Biasanya, ketika tugas yang menumpuk itu tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang tepat, maka sebagian mahasiswa akan melakukan cara cepat, yakni copas dari internet. Apakah kamu pernah melakukan hal yang sama?

Padahal tindakan ini tidak dibenarkan. Sebab, bagaimanapun juga mengerjakan tugas adalah sebuah wujud nyata dari apa yang kita pelajari di kampus. Semakin baik kita menerima pelajaran, seharusnya kita juga akan semakin mampu mengerjakannya dengan baik.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 7 Tips Mendapatkan IPK Tinggi

Namun mengingat begitu padatnya jadwal dan waktu terbatas, maka copas tugas kuliah sering dilakukan oleh sebagian mahasiswa. Berdalih ingin mempercepat penyelesaian tugas, justru hal tersebut cukup merugikan buat diri sendiri.

Lantas adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tugas tersebut hasil copas atau pemikiran sendiri? Jawabannya tentu saja ada. Saat ini kita hidup di era digital, di mana kita akan dimudahkan dalam berbagai hal dengan produk teknologi yang mudah digunakan, tak terkecuali untuk keaslian dari tugas yang kita kerjakan.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk mengecek tugas copas atau tidak adalah Smallseotools. Ya, dengan sistem yang mutakhir, kita bisa mengetahui apakah tugas kuliah didapati dari hasil copas atau pemikiran sendiri. Cara menggunakannya pun gampang, kita hanya perlu mengunjungi websitenya di sini.

smallseotools

Kemudian, kita masukkan isi dari tugas tersebut ke dalam kolom yang tersedia. Setelah berhasil memasukkan artikel atau tugas, maka klik tombol “check plagiarism” di tombol bawah. Tunggu beberapa saat sampai sistem membaca dan menganalisa semua tulisan.

plagiat smallseotools

Setelah selesai dianalisa, maka sistem akan menunjukkan hasilnya. Akan ada beberapa tab yang akan menjelaskan bahwa tugas yang dikerjakan tersebut benar-benar asli atau plagiat, alias copas di internet.

Dari hasil tersebut, akan kelihatan apakah kita benar-benar mengerjakan tugas atau hanya sekedar copas. Cukup mudah, bukan? Cara ini sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan beberapa dosen juga sudah menggunakannya. Jadi, berhati-hatilah bagi kamu yang suka copas, sebab pasti akan ketahuan!