Bicara tentang kemampuan otak manusia, di dunia ini sebenarnya tidak ada orang yang bodoh. Asalkan berusaha dan memiliki keinginan belajar, kita pasti bisa menjadi cerdas.

Namun, tidak sedikit orang yang masih bingung mencari cara agar cerdas dan tampak meyakinkan di hadapan orang lain.

Nah, bagi yang belum tahu cara untuk cerdas dan bisa meyakinkan orang lain, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini!

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Diskusi yang Harus Kamu Ketahui

Cara Menjadi Cerdas dan Bisa Meyakinkan Orang Lain

Pelajari beberapa hal di bawah ini supaya kamu bisa berpikir cerdas dan meyakinkan dalam keseharian, di mana saja dan kapan saja. Inilah yang harus kamu terapkan agar menjadi cerdas:

1. Ketahui apa yang sedang trending di hari ini

Sebelum beraktivitas, kamu harus mengetahui apa yang sedang terjadi di hari itu. untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat google trends atau lihat trending topic di Twitter.

Cara tersebut dapat membuatmu tahu informasi apa yang sedang terjadi atau isu-isu apa yang sedang dibahas di seluruh dunia maupun di Indonesia.

Dengan mengetahui tren saat ini, kamu tidak akan terlihat bodoh dan kamupun bisa mengimbangi obrolan mereka.

2. Melatih diri untuk kritis

Sebelum berpendapat, tanyakan dulu pada diri sendiri. Bertanya pada diri sendiri merupakan latihan untuk berpikir kritis. Karena dengan pertanyaan batinmu itu, kamu bisa mengembangkan beberapa jawaban dan beberapa pertanyaan yang kamu buat sendiri.

Sehingga, kamu bisa memiliki pertanyaan-pertanyaan bermutu untuk ditanyakan kepada orang lain. Selain itu, kamu pun akan berusaha menggali lebih dalam tentang informasi yang ingin kamu tahu itu.

3. Kurangi perkataan yang kurang bermanfaat

Mulai sekarang, kurangi kebiasaan menggunakan kata “anu”, “emmm”, “ummm”, atau “mungkin” karena dapat membuat kamu tampak tidak tegas.

Kata-kata itu justru membuat orang tidak yakin atau percaya terhadap apa yang kamu ucapkan. Mereka pasti akan menganggap jika informasi yang kamu sampaikan kurang valid, walaupun sebenarnya sangat valid.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Jenius dengan Teori Leonardo da Vinci

4. Jujur jika mengutip pendapat orang lain

Cara membuat kamu cerdas adalah dengan mengatakan dengan jujur jika kamu mengutip pendapat orang. Terkadang, kamu memang terlihat pintar saat mengambil pendapat orang.

Tapi cara itu juga kadang membuat orang lain meragukanmu. Beberapa orang malah akan menganggap jika kamu tidak memiliki pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan.

Alangkah baiknya kalau kamu jujur jika mengutip sekaligus menegaskan kalau pendapat tersebut adalah yang paling tepat diambil. Sehingga, semua orang yang mendengarkan jawaban itu merasa yakin kalau apa yang kamu ungkapkan bisa dipertanggungjawabkan.

5. Cari informasi langsung dari pakarnya

Kebanyakan orang mendapatkan informasi dari satu orang ke orang lain tanpa tahu kejelasan sumbernya. Nah, mulai sekarang jangan langsung yakin dengan informasi yang diberikan oleh orang lain jika bukan pakarnya.

Sebab, informasi yang didapat dari orang yang bukan ahlinya, belum tentu benar. Jadi, pastikan kamu mencari tahu tentang suatu hal dari pakarnya saja akan terpercaya.

Kalau info yang kamu dapatkan dari pakarnya, maka kamu bisa menyampaikan kebenaran atau sesuatu yang berisi kepada orang lain sesuai info yang kamu dapatkan tadi.

Itulah langkah mudah agar kamu cerdas dan meyakinkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!