Hutang adalah salah satu masalah keuangan yang menjadi polemik bagi setiap orang. Bagaimana tidak, hutang bisa membuat seseorang menjadi tak tenang hidupnya karena rasa khawatir dan rasa takut ketika tidak bisa melunasinya.

Maka tak heran jika pakar ekonomi mengatakan bahwa hutang adalah bentuk penjajahan dalam  urusan finansial seseorang. Oleh kareanya, jika ingin merdeka, seseorang harus bisa melunasi semua hutang-hutangnya.

Namun, melunasi hutang bukanlah sebuah perkara mudah. Tapi walau tidak mudah, sebenarnya ada beberapa tips dan cara ampuh yang bisa membuat seseorang terbebas dari lilitan hutang.

Apa saja cara terbebas dari hutang tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

1. Mengatur Prioritas Hutang

Kadang seseorang memiliki hutang lebih dari satu. Maka dari itu, alangkah baiknya agar bisa mengatur prioritas hutang. Sebaiknya lunasi hutang yang bunganya mencekik terlebih dahulu, alias bunga tinggi. Selanjutnya, baru melunasi hutang-hutang lainnya.

2. Evaluasi Anggaran Belanja

Kemudian, kita harus bisa mengevaluasi anggaran belanja atau pengeluaran. Cek daftar pengeluaran selama sepekan atau sebulan. Kalau dirasa terlalu membengkak, maka kita bisa merampingkan dengan mengutamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu. Sisanya, bisa disisihkan untuk mencicil hutang.

3. Kurangi Aktivitas Pemborosan

Sama halnya dengan mengevaluasi anggaran belanja, mengurangi aktivitas yang boros juga dapat membuat kita terbebas dari lilitan hutang. Dalam hal ini lebih fokus pada gaya hidup, misalnya aktivitas nongkrong di cafe ataupun makan di restoran mewah. Alangkah baiknya uang tersebut digunakan untuk membayar hutang.

Baca juga: 7 Cara Merubah Nasib Menjadi Kaya, Sudah Terbukti!

4. Jangan Menunda Pembayaran

Banyak juga terjadi, seseorang suka menunda-nunda pembayaran hutang dengan berbagai alasan. Padahal uang sudah ada, tapi terasa berat untuk mengeluarkannya. Tindakan ini justru akan menimbulkan beban yang lebih berat. Apalagi sampai kena denda karena telat membayar. Jadi, siapkan uang untuk membayar hutang dan jangan pernah ditunda.

5. Jangan Terlalu Dipikirkan

Dan yang tak kalah penting juga, sebaiknya kita tidak terlalu memikirkan hutang-hutang tersebut. Karena dampaknya akan buruk bagi pekerjaan. Kita menjadi tidak fokus bekerja sehingga hasilnya tidak maksimal.

6. Mencari Pekerjaan Sampingan

Jika memiliki waktu luang, kita juga bisa menerima job lain untuk menambah pemasukan. Menjadi freelance adalah sebuah pilihan ketika kita merasa bahwa penghasilan bulanan tidak mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari, apalagi untuk membayar hutang.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya di Indonesia

Nah, itulah beberapa tips dan cara agar terbebas dari hutang. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.