Data adalah sebuah hal berharga yang diinginkan oleh pihak-pihak tertentu untuk sebuah kepentingan tersendiri. Oleh karenanya, tak sedikit pihak yang berusaha mencuri data semua orang, termasuk kita.

Ada banyak cara yang mereka lakukan untuk mendapatkan data kita, salah satunya adalah dengan cara melacak serta meretas smartphone kita. Jika kita tidak waspada, maka data kita kita akan diambil secara cuma-cuma.

Maka dari itu, kali ini Sastrawacana.id akan membagikan cara mengetahui HP yang disadap orang lain. Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 6 Tipe Pembeli yang Bikin Kesal Si Penjual Online

hp disadap
photo: pixabay

Ciri-Ciri HP Disadap

Menurut informasi yang dihimpun, oknum penyadap hanya bisa menyadap HP dalam kondisi terhubung dengan internet. Maka dari itu, jika HP kita selalu terhubung dengan internet, pada dasarnya kita memiliki risiko yang cukup besar dan memberi celah kepada pencuri data.

1. Baterai HP Cepat Habis

Nah, dari kebanyakan kasus peretasan smartphone, banyak yang merasa HP menjadi lebih mudah panas dan baterai cepat habis, terkesan tak normal. Padahal pemakaian biasa saja, tapi baterai cepat habis dan ponsel jadi lebih panas meskipun kita sedang tidak menggunakannya, alias stand by.

2. Penggunaan Data Seluler Meningkat

Cek secara berkala penggunaan data seluler hp kita. Ada kalanya, penggunaan meningkat karena pemakaian. Tapi yang mencurigakan adalah ketika frekuensi pemakaian sama, namun penggunaan data seluler tinggi. Ini bisa jadi satu pertanda bahwa hp kita disadap orang lain.

Baca juga: 5 Aplikasi Baca Novel Online Terbaik dan Gratis

3. Iklan yang Tidak Diinginkan

Pernahkah hp muncul iklan secara tiba-tiba? Jika pernah, hati-hatilah karena itu salah satu indikasi bahwa hp telah diretas. Umumnya, ada malware yang sedang merasuk ke dalam smartphone kita. Sejatinya, malware memiliki beberapa tujuan, tergantung kepentingan, misalnya untuk merusak atau bahkan mencuri data. Cara yang paling mudah untuk mengusir malware ini adalah menghapus aplikasi yang mencurigakan.

4. Sering Muncul Pesan Aneh

Salah satu ciri-ciri hp disadap adalah dengan seringnya muncul pesan aneh yang tidak kita mengerti. Umumnya, pesan itu berisi karakter-karakter atau angka-angka acak yang tidak bisa terbaca. Jika sering menerima pesan ini, jangan diabaikan karena bisa jadi ini ulah penjahat cyber. Tidak hanya melalui pesan SMS, kadang teks aneh ini juga masuk ke dalam email.

5. Sering Masuk Tautan Palsu

Biasanya, jika kita pernah mengklik sebuah tautan mencurigakan, maka selanjutnya kita juga akan sering mendapat undangan tautan palsu. Ini sangat berisiko. Sebab, dengan memasuki tautan palsu itu, si penjahat akan langsung mendapatkan data-data yang kita miliki, termasuk akun media sosial dan passwordnya.

Baca juga: 10 Situs Lowongan Kerja Terpercaya Tahun 2020

6. HP Bekerja Tanpa Perintah

Hp normal tidak akan membuka aplikasi atau membuka web browser tanpa perintah pemiliknya. Namun, berbeda dengan hp yang sudah diretas. Kebanyakan hp yang diretas akan bekerja tanpa diperintah. Artinya, saat sedang stand by, hp akan bekerja dengan sendirinya seperti ada yang menggerakkan lewat jarak jauh atau remote.