Pengertian Pansos

Pansos adalah sebuah aktivitas atau tindakan di media sosial yang bertujuan untuk mencari perhatian publik hingga akhirnya bisa viral dan mendongkrak kepopuleran di dunia maya.

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas arti pansos secara tuntas. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengupas tentang ciri-ciri orang yang lagi pansos.

Baca juga: Terbongkar, Inilah 25 Cara Jadi Selebgram Terkenal

Ciri-Ciri Orang Lagi Pansos

Yap, orang yang sedang pansos atau panjat sosial sebenarnya bisa diketahui dengan melihat ciri-ciri sebagai berikut:

1. Mengunggah Konten Tak Wajar

Maksud dari mengunggah konten tak wajar adalah ketika seseorang melakukan aktivitas aneh lalu diunggah ke sosial media untuk dapat perhatian. Misalnya, orang makan sabun.

Padahal sabun itu untuk mandi, tapi malah dimakan. Maka sebenarnya dia ingin mencari perhatian publik dengan cara tersebut.

2. Suka Mencela Orang Lain

Orang yang lagi pansos juga biasanya suka mencela orang lain. Hal tersebut dimaksudkan agar netizen kesal dan penasaran sehingga dia akan mendadak populer.

Apalagi yang dicela adalah publik figur, maka konten yang dibuat akan cepat viral. Perlu diingat, mencela beda dengan mengkritik, ya!

3. Suka Pamer Harta

Pamer adalah sebuah aktivitas yang kurang baik. Itu sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku Sekolah Dasar.

Tapi, pada kenyataannya hal-hal yang kurang baik inilah yang dijadikan senjata untuk orang yang mencari kepopuleran.

Orang yang lagi pansos juga gemar memamerkan harta kekayaannya kepada publik. Tujuannya adalah untuk mencari perhatian sehingga ia bisa populer dalam waktu singkat.

Baca juga: Arti Friyay, Kata-Kata Gaul Anak Zaman Now

4. Membuat Status Kontroversi

Inilah yang paling rawan dan mengundang masalah. Orang pansos dengan membuat status atau mengunggah konten yang bersifat kontroversi memang bisa membuat dia terkenal dengan cepat.

Tapi hasil dari tindakannya tersebut juga akan berdampak kepada masyarakat. Sebab, para netizen pun akan berdebat, berantem, hingga saling hina karena unggahan yang sifatnya kontroversi tersebut.

5. Menonjolkan Kelebihan

Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Nah, kelebihan itulah yang biasanya ditonjolkan terus-menerus oleh pelaku pansos.

Misalnya ada seorang wanita yang memiliki kelebihan pada fisik, entah bentuk kaki yang ramping, bentuk perut yang rata, atau bentuk indah lainnya.

Maka dengan kelebihan itu, ia sengaja dengan terus menonjolkan kepada publik agar mendapat perhatian sehingga akhirnya bisa populer.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri orang yang gemar pansos di media sosial. Sekarang sudah paham, kan?

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.