Posesif adalah sifat atau perasaan ingin memiliki, menjaga, serta menyayangi yang terlalu berlebihan. Oleh karenanya tidak sedikit yang mengatakan bahwa posesif merupakan bentuk dari ungkapan perasaan cinta terhadap seseorang.

Akan tetapi, pernyataan tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, posesif sendiri masuk ke dalam sifat yang cukup berbahaya. Sebab, jika dibiarkan dapat menimbulkan dampak buruk bagi pasangan maupun diri sendiri.

posesif
Photo: pexels.com

Umumnya, posesif bisa dilakukan oleh pasangan. Dan itu sangat wajar karena tidak ingin kehilangan seseorang yang dicinta. Namun, bagaimana jika teman yang memiliki perasaan tersebut? Ya, tidak menutup kemungkinan bahwa teman, apalagi teman dekat memiliki sifat posesif. Sama halnya dengan hubungan pacaran, mereka juga tidak ingin kita dekat dengan orang lain.

Baca juga: 9 Tipe Teman yang Pasti Kamu Jumpai dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nah, untuk mengetahui seperti apa sih ciri-ciri teman posesif? Berikut adalah beberapa tipe teman posesif yang bisa kamu ketahui, diantaranya:

1. Gak Boleh Memuji yang Lain

teman seperjuangan
Photo: pexels.com

Ketika berkumpul dengan salah satu sahabat, tanpa sadar kamu memuji teman yang lain dihadapannya. Misalnya, kamu melihat foto teman di sosial media. Karena fotonya cantik, kamu justru memujinya di depan sahabat. Kemudian, si sahabat tersebut merasa kesal dan marah karena ia tidak suka kamu memuji orang lain. Nah, itu tandanya, bahwa sahabatmu merupakan memiliki sifat yang posesif terhadapmu.

2. Harus Ikut Memusuhi Teman yang Dibenci

teman sekamar
Photo: pexels.com

Selanjutnya, ciri teman posesif adalah harus ikut memusuhi teman yang dibenci. Contohnya, temanmu si B membenci temanmu si C dan mereka sedang bermusuhan. Lalu, si B memprovokasi dan memaksamu untuk ikut memusuhinya juga. Padahal kamu dan si C sedang baik-baik saja. Sehingga kamupun bingung harus berbuat apa.

Baca juga: Teman Kerja Suka Cari Muka? Begini Cara Mengatasinya

3. Gak Boleh Pergi Tanpa Dia

teman cemburuan
Photo: pexels.com

Teman posesif biasanya akan melarangmu pergi tanpa dia. Misalnya, kamu sedang hang out dengan temanmu si C tanpa mengajak temanmu si B. Kemudian, tanpa sengaja kalian bertiga bertemu di tempat yang sama. Bisa dipastikan bahwa si B akan marah besar kepadamu karena ia menganggap bahwa kamu tidak memperdulikannya lagi.

4. Gak Boleh Posting sama Teman Lain

foto bareng temen
Photo: pexels.com

Sosial media seperti instagram, facebook, twitter, dan sebagainya, kini sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Berbagai aktivitas bisa dilakukan di sana, salah satunya adalah memposting sebuah foto ataupun video. Seharusnya, sudah menjadi hakmu untuk memposting apapun di sosial mediamu. Tapi, tidak untuk teman posesif. Ia tidak akan mengijinkanmu memposting foto yang berhubungan dengan temanmu yang lain.

Baca juga: 5 Tips untuk Karyawan Baru Agar Disukai Teman Sekantor

5. Selalu Ingin Tahu Secara Detail

sahabat posesif
Photo: pexels.com

Ciri teman posesif yang terakhir adalah selalu ingin tahu secara detail apapun yang akan kamu lakukan. Misalnya, kamu mengatakan padanya bahwa kamu akan pergi jalan-jalan bersama temanmu yang lain. Ia pasti akan menanyakanmu secara detail apa yang akan kamu lakukan, pergi ke mana, sampai jam berapa, dan masih banyak pertanyaan tidak penting lainnya.

Well, itulah ciri-ciri teman posesif yang mungkin juga ada di sekitarmu. Sebenarnya, teman posesif menandakan bahwa ia sayang dan tidak mau kehilangan kita. Tapi jika terlalu berlebihan, sebaiknya kita harus berterus terang bahwa sikapnya tidaklah baik.

Author : Eva