Pembukaan Pidato

Kalimat pembuka atau pembukaan pidato adalah hal penting yang harus dipersiapkan oleh orator. Sebab pembukaan itu nantinya yang akan menjadi kesan pertama sehingga sukses dan tidaknya pidato juga ditentukan dari kalimat pembukanya.

Maka dari itu, penting adanya agar setiap orang yang hendak berpidato mempersiapkan kalimat pembukanya terlebih dahulu. Setelah itu baru mempersiapkan isi yang harus sesuai dengan tema yang sedang dibahas.

Nah, supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa contoh pembukaan pidato yang benar dan menarik bagi pendengar.

Baca juga: Pengertian Pidato Lengkap (Jenis, Tujuan, Metode & Contoh)

Contoh Pembukaan Pidato

Sebelum masuk ke dalam pembukaan pidato dalam beberapa tema, alangkah baiknya kita mengetahui format umum dalam pembukaan pidato, yaitu:

Assalamualaikum, wr. wb.

Pertama-tama, marilah kita ucapkan puja dan puji syukur kepada Allah S.W.T atas limpahan ramhat dan hidayahnya kita semua bisa berkumpul dalam acara ini. Tidak lupa juga, salawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda kita Nabi Besar Muhammad S.A.W

Yang saya hormati, Bapak, Ibu, dan saudara-saudari sekalian yang telah hadir dalam acara ini….

Baca juga: Contoh Teks Pidato Tema Pendidikan 2019

Begitulah kira-kira format umum pembukaan pidato yang bisa kita gunakan. Nah, untuk selanjutnya, berikut adalah beberapa contoh pembukaan pidato dari berbagai tema.

1. Contoh Pembukaan Pidato Tema Kesehatan

Assalamualaikum, wr. wb.

Selamat siang Bapak/Ibu yang telah terbukti sehat dengan hadir dalam acara ini. Benar demikian? Ya, kesehatan adalah sebuah hal yang tidak bisa diukur oleh materi. Sebanyak apapun uang yang kita miliki, tidak akan ada gunanya jika tubuh kita sakit-sakitan. Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah kewajiban dan tanggungjawab kita semua. Setuju?

2. Contoh Pembukaan Pidato Tema Pendidikan

Assalamualaikum, wr. wb.

Bapak/Ibu sekalian. Kita harus menyadari bahwa pendidikan merupakan sebuah jembatan yang akan menghantarkan kita menuju jalan yang terang benderang. Sebab dengan pendidikan, kita bisa meningkatkan kualitas hidup pribadi, kualitas keluarga, masyarakat, dan generasi penerus bangsa. Maka dari itu, carilah ilmu setinggi mungkin karena pada dasarnya kita hidup ini untuk belajar dan belajar.

3. Contoh Pembukaan Pidato Tema Lingkungan

Assalamualaikum, wr. wb.

Selamat siang Bapak/Ibu sekalian. Pada kali ini kita sedang dalam acara dengan tema yang sangat bermanfaat, yaitu kebersihan lingkungan. Kita bisa lihat di sini, kondisi sekitar yang sangat bersih dan tertata. Benar-benar mengagumkan. Boleh kita beri tepuk tangan untuk warga sekitar?

4. Contoh Pembukaan Pidato Tema Narkoba

Assalamualaikum, wr. wb.

Wahai anak muda, ingatlah bahwa kau adalah penerus bangsa. Kau adalah calon pemimpin yang akan membawa generasi selanjutnya untuk hidup lebih baik. Jadi hargai dirimu dengan mengatakan tidak pada narkoba. Apapun bentuk dan alasannya, narkoba adalah barang terlarang yang bisa merusak generasi muda kita.

5. Contoh Pembukaan Pidato Tema Sejarah

Assalamualaikum, wr. wb.

Hadirin sekalian. Saya ingin bertanya. Cara apa yang paling ampuh untuk menghancurkan sebuah bangsa? Apaaa? Yaaa. Jawabannya adalah menjauhkan generasi muda dari sejarah. Oleh karenanya, tonggak sejarah harus tetap dipegang oleh setiap masyarakat, khususnya anak muda.

6. Contoh Pembukaan Pidato Tema Sosial

Assalamualaikum, wr. wb.

Perkenalkan, saya adalah masyarakat biasa, bukan siapa-siapa. Saya hidup di bawah, bersosial dengan cara dan budaya yang saya punya. Sebab status bukanlah penghalang bagi siapa saja untuk tetap bersilaturahmi. Saya meyakini bahwa kita semua adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Betul demikian?

Nah, itulah beberapa contoh pembukaan pidato yang bisa kita gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.