Pengertian Pendahuluan

Sebelum masuk ke contoh pendahuluan, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari pendahuluan.

Menurut Kbbi, pendahuluan adalah:

  1. n sesuatu yang mula-mula dilakukan; permulaan
  2. n pembukaan atau kata pengantar dari sebuah pidato (buku, karangan, dan sebagainya): kata ~

Jadi, dengan melihat arti dari Kbbi di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa pendahuluan adalah pembuka dari karya ilmiah yang berisi tentang gambaran umum serta alasan penulis dalam menyusunnya.

Biasanya, pembuka dalam sebuah karya ilmiah berada pada BAB pertama atau halaman depan sebagai kisi-kisi agar pembaca bisa mengikuti alur dalam membaca isi karya tersebut nantinya.

Begitu pula dengan selain ilmiah, seperti makalah, artikel, paper, proyek, dan skripsi. Sebab setiap laporan harus berisi pendahuluan untuk memudahkan pembaca dalam menganalisis serta melihat hasil dan tujuan dari laporan tersebut.

Baca juga: Simak! Inilah Struktur dan Jenis Artikel Menurut Ahli

Poin Poin dalam Pendahuluan

Adapun poin-poin atau bagian-bagian dari pendahuluan adalah sebagai berikut.

1. Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah adalah bagian awal yang menjelaskan tentang masalah/konflik sebuah peristiwa yang diangkat dalam karya ilmiah. Pada bagian ini, penulis harus mampu menjelaskan kenapa serta alasan dalam menulis karya ilmiah tersebut.

Baca juga: Cara Menulis Essay dan Contoh Essay yang Baik

2. Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah kumpulan masalah yang nantinya akan dibahas dalam karya ilmiah. Tentunya tidak hanya membahas masalah saja, penulis juga harus bisa memberikan solusi atas masalah-masalah tersebut.

3. Tujuan Penelitian

Selanjutnya, dalam BAB Pendahuluan selalu diisi dengan tujuan penelitian. Sebab setiap karya ilmiah selalu memiliki tujuan yang digunakan untuk kemaslahatan umum. Jadi penulis bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat luas dengan karyanya.

4. Metodologi Penelitian

Dalam setiap penelitian, tentu saja harus menggunakan metodologi penelitian. Metodologi penelitian adalah cara atau teknik yang digunakan penulis dalam mencari data. Ada banyak jenis metodologi penelitian. Anda bisa baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Pengertian dan Struktur Penulisan Makalah yang Benar

Contoh Pendahuluan Makalah

Aga lebih jelas, berikut adalah contoh pendahuluan makalah tentang kehidupan sosial.

A. Latar Belakang

Keharmonisan masyarakat dapat terbentuk dari budaya serta kesadaran sosialnya. Namun, semakin berkembangnya jaman, sosial budaya terus mengalami perubahan.

Perubahan sosial budaya yang dialami manusia dapat dijelaskan sebagai proses penyesuaian hidup manusia dengan konstelasi yang ada.

Seperti yang ditegaskan oleh Gillin dan Gillin (Soekanto, 1994), perubahan sosial dapat dipandang sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima, yang disebabkan baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis, kebutuhan materil, komposisi penduduk, ideologi, maupun karena adanya difusi ataupun penemuan-penumuan baru dalam masyarakat tersebut.

Perubahan yang dialami manusia bukanlah suatu penyimpangan, apalagi kesalahan. Sebab pandangan tersebut adalah suatu mitos yang perlu dihilangkan dari pandangan mengenai perubahan (Lauer, 1993).

Setiap perubahan sosial selalu mencakup pula perubahan budaya, dan perubahan budaya akanmencakup juga perubahan sosial.

Sosiatri merupakan ilmu sosial terapan (applied science), yang dalam pengembangannya mengandalkan realita yang terjadi di dalam masyarakat, berkaitan dengan masalah sosial yang perlu diselesaikan (pandangan awal perkembangan) dan penyesuaian kebutuhan dengan sumber daya yang ada (pandangan hasil perkembangan).

Realita dalam masyarakat yang terus mengalami perubahan memiliki dimensi perubahan sosial. Sementara itu, secara keilmuan, pengembangan kajian, penelitian, dan teori-teori baru juga dituntut dari sosiatri, baik melalui hasil kerja lapangan (penelitian dan proyek sosiatri), maupun melalui berbagai kegiatan seminar dan diskusi.

Aktivitas ilmiah mempermudah perubahan budaya. Inovasi baru di bidang keilmuan memperoleh ruang dan kesempatan formal. Kajian perubahan dalam sosiatri dapat dipadukan dengan konsep paradigma dari Khun (Ritzer, 1991).

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan penjelasan pada latar belakang di atas maka permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana hubungan antropologi dan sosiologi dalam perkembangan kehidupan manusia.

C. Tujuan

Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui hubungan antropologi dan sosiologi dalam perkembangan hidup manusia, khususnya konteks budaya.

Baca juga: Contoh Karya Ilmiah Sederhana yang Baik dan Benar

Sekian pembahasan mengenai pendahuluan laporan karya ilmiah yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.