Pengertian Soft Skill

Soft skill adalah sebuah keterampilan yang dimiliki oleh seseorang di luar aspek akademis. Soft skill bisa langsung dipraktikkan, walau tanpa teori sekalipun.

Seperti yang diketahui, soft skill ini nantinya akan membantu kita dalam berbagai hal di kehidupan, salah satunya adalah karir.

Ya, orang-orang yang karirnya melaju pesat kebanyakan dari mereka yang memiliki beberapa soft skill.

Sebab, ketika sudah berada pada dunia kerja, nilai-nilai akademis tidak lagi terlalu diperhitungkan, tapi soft skill yang paling menunjang.

Terlebih lagi untuk kaum milenial, soft skill sangat penting dan perlu untuk dimiliki. Sebab kaum milenial adalah kaum yang memegang kendali saat ini.

Tidak hanya berupa pekerjaan di sebuah perusahaan, milenial juga turut berperan dalam dunia politik sehingga soft skill sangat dibutuhkan.

Baca juga: 5 Pekerjaan Paling Enak di Dunia dengan Gaji Besar

Contoh Soft Skill

Nah, apa saja contoh soft skill yang harus dimiliki oleh kaum milenial? Berikut diantaranya:

1. Leadership

Soft skill pertama yang harus dimiliki oleh kaum milenial saat ini adalah leadership atau jiwa kepemimpinan. Dengan leadership, seseorang akan mampu memimpin dirinya sendiri sebelum memimpin orang lain.

2. Problem Solving

Soft skill yang satu ini cukup penting dan harus dimiliki oleh para milenial. Semakin semakin hari, masalah yang datang akan semakin rumit sehingga dibutuhkan kemampuan untuk mencari solusi atas masalah-masalah tersebut.

3. Kreatif

Bagi kaum milenial yang menyandang predikat muda, sudah seharusnya memiliki kreativitas yang tinggi. Sebab dengan kreativitas tersebutlah terciptanya inovasi-invoasi terbaru yang menarik minat masyarakat.

4. Public Speaking

Selain pandai berpikir, kita sebagai kaum milenial juga dituntut untuk pandai berkomunikasi. Betapa pentingnya soft skill yang satu ini untuk meningkatkan relasi, baik dalam dunia kerja maupun pergaulan.

Baca juga: 6 Tips Menghilangkan Grogi Saat Wawancara Kerja

5. Kemampuan Adaptasi

Semakin baik kemampuan adaptasi seseorang, maka akan semakin cepat pula dia menemukan banyak kawan. Kemampuan adaptasi ini penting, mengingat saat ini kita hidup di tengah masyarakat yang bervarian, mulai dari budaya, agama, suku, dan status sosial.

6. Kemampuan Bahasa Asing

Setiap anak muda saat ini dianjurkan, bahkan diwajibkan untuk bisa berbahasa Inggris, minimal pasif. Sebab itu adalah standar yang bisa meningkatkan nilai jual. Terlebih lagi bisa menggunakan bahasa asing lainnya, maka kita akan benar-benar diperhitungkan oleh orang lain.

7. Kolaborasi

Ingatlah, kita tidak bekerja seorang diri pad sebuah perusahaan. Sehingga diperlukan kemampuan untuk berkolaborasi dengan tim. Ingatlah, walau memiliki strategi yang berbeda, tapi dalam satu tim tetap memiliki tujuan yang sama sehingga kolaborasi sangat penting.

Baca juga: 9 Contoh Industri Kreatif di Indonesia yang Hasilnya Menjanjikan

Nah, itulah beberap contoh soft skill yang wajib dimiliki oleh kaum milenial saat ini agar bisa mendapat karir yang baik di masa depan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.