Pengertian Teks Prosedur

Teks prosedur dalah teks yang isinya menjelaskan terkait dengan jalannya suatu proses, baik pengoperasian, pengerjaan, atau proses pembuatan.

Dalam hal ini, biasanya disertai dengan daftar alat atau bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan, sekaligus langkah sistematis yang mudah dipahami oleh pembaca sehingga pembaca bisa mempraktikkannya secara langsung.

Teks prosedur juga bisa dikatakan sebagai teks yang terdiri mengenai tahapan-tahapan atau langkah untuk melakukan suatu hal yang nantinya akan disajikan secara urut.

Namun, dalam konteksnya, teks prosedur lebih cenderung digunakan untuk hal yang menyangkut dengan makanan. Misalnya proses membuat makanan atau resep.

Namun sebelum menjelaskan resep, bahan, serta alat yang dibutuhkan. Biasanya diawali dengan prolog atau kalimat pembuka yang menjelaskan makanan tersebut, meliputi tujuan atau manfaat dan makanan tersebut.

Kemudian, dilanjutkan dengan cara membutnya secara lengkap dan terperinci agar pembaca bisa mempraktikkannya secara langsung tanpa bingung.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi Bencana Alam

Struktur Teks Prosedur

Teks prosedur juga memiliki struktur yang membangunnya menjadi utuh. Adapun struktur teks prosedur adalah sebagai berikut.

1. Bagian Pembuka

Bagian pembuka umumnya berupa judul serta maksud atau tujuan kenapa teks prosedur itu ditulis. Jadi, penulis harus bisa memberikan deskripsi singkat kepada sesuatu yang akan ditulis pada isi.

2. Bagian isi

Struktur dalam teks prosedur kompleks haruslah memiliki bagian isi atau inti dari teks tersebut. Dalam konteks makanan, bagian isi bisa ditulis dengan resep dan cara membuatnya. Tidak sama dalam konteks lain. Intinya pada bagian isi penulis harus bisa memberikan poin penting yang harus membuat pembaca mengerti.

3. Bagian langkah

Struktur terakhir adalah langkah-langkah. Bagian ini berisi tentang tahapan-tahapan atau langkah pengerjaan yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang diharapkan. Ingat, bagian langkah harus ditulis dengan benar sesuai fakta agar tidak menyesatkan pembaca.

Contoh Teks Prosedur Makanan

Berikut adalah contoh teks prosedur tentang makanan.

Cara Membuat Telur Asin yang Benak

Telur asin adalah makanan khas Indonesia berbahan dasar telur bebek atau ayam yang diawetkan dengan cara diasinkan (dibungkus adonan abu gosok dan garam).

Makanan yang khas dengan rasa asin ini adalah salah satu jenis makanan yang praktis dan dapat dipadukan dengan jenis makanan lainnya, seperti nasi goreng, nasi padang, dan sebagainya.

Telur asin bisa bertahan selama 30 hari, sehingga cocok digunakan untuk bekal perjalanan maupun oleh-oleh kepada saudara di kampung halaman.

Cara Membuata Telur Asin

  1. Pilih telur yang bermutu baik.
  2. Cuci telur dan bersihkan kotoran yang melekat, lebih baik menggunakan air hangat.Keringkan telur yang sudah dicuci tadi menggunakan kain lap.
  3. Amplas beberapa saat permukaan kulit secara perlahan agar pori-pori kulit terbuka.Buat adonan, bahan yang digunakan antara lain: abu gosok dicampur garam, tambahkan air secukupnya hingga membentuk adonan. Selain abu gosok, bisa juga menggunakan serbuk bata merah.
  4. Bungkus telur dengan adonan yang sudah dibuat tadi sampai merata ke seluruh permukaan telur.
  5. Simpan telur dalam ember plastik selama 2 sampai 3 minggu di tempat yang terbuka.
  6. Setelah proses penyimpanan selesai, bersihkan telur dan pastikan telur masih dalam keadaan utuh.
  7. Setelah dibersihkan, rebus telur hingga benar-benar matang.
  8. Telur asin yang sudah matang dapat dihidangkan dan bisa juga dipadukan dengan makanan lain.

Nah, itulah pengertian dan contoh teks prosedur membuat makanan. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.