Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Tak ada satu orang pun yang bisa hidup sejahtera tanpa jasa guru. Ilmu yang diberikan bisa membawa semua orang keluar dari zona kebodohan. Bahkan, ilmu yang diberikan oleh guru bisa merubah kondisi suatu bangsa.

Guru tidak hanya memberikan pendidikan dalam bidang akademisi saja, tapi guru juga memiliki tugas untuk membimbing dan mendidik etika, moral, serta tingkah laku setiap anak sejak kecil. Sehingga saat dewasa kelak, para generasi penerus bangsa ini punya kepribadian serta tingkah laku yang baik dan terpuji.

Jadi, sebagai orang yang sadar akan besarnya jasa guru, sudah seharusnya menghormati. Sebab ucapan terima kasih saja tidak akan mampu membayar semua yang telah diberikan. Nah, terlepas dari itu semua ternyata ada beberapa fakta tentang guru yang harus kamu ketahui. Apa saja fakta tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga: 4 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Saat Menulis CV

1. Status Sosial yang Diakui

guru mengajar
photo : pixabay

Menjadi seorang guru adalah sebuah profesi mulia. Kebanyakan guru akan mendapatkan posisi serta status sosial yang diakui dalam masyarakat. Hal tersebut dikarenakan guru memiliki ilmu yang bisa membuat anak-anak menjadi pintar. Oleh karenanya kebanyakan masyarakat sangat segan terhadap guru.

2. Guru Tidak Pernah Mengeluh

perjuangan guru
photo : pixabay

Menjadi seorang guru tidaklah mudah. Sebab, setiap hari harus mengayomi puluhan bahkan ratusan murid. Tapi apakah guru pernah mengeluh dengan tingkah laku muridnya? Tentu saja tidak. Justru guru akan sangat sedih ketika tidak bisa membuat anak didiknya menjadi lebih baik. Itulah perjuangan seorang guru yang tidak pernah mengeluh dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Pendidikan Juga Penting Untuk Wanita

3. Melahirkan Orang-Orang Hebat di Dunia

murid pintar
photo : pexels

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tidak ada orang sukses jika tanpa jasa dari guru. Orang-orang hebat di dunia itu muncul karena jasa guru yang mendidik serta memberi ilmu sedari kecil. Maka tak heran jika orang-orang hebat di dunia amat sangat peduli dengan dunia pendidikan karena merasa menyadari jika posisi yang mereka dapatkan saat ini tak terlepas dari jasa seorang guru.

4. Guru Selalu Adil dan Bijaksana

murid sd
photo : pexels

Puluhan bahkan ratusan murid yang dididik tentunya memiliki karakter serta kepribadian berbeda. Namun, seorang guru tetap bisa mempersatukan mereka. Itu semua karena sifat adil dan bijaksana yang dimiliki oleh guru. Jadi, masihkah kita mempertanyakan nilai-nilai dari seorang guru?

5. Guru Selalu Rela Berkorban

guru berangkat sekolah
photo : pexels

Perlu disadari, seorang guru juga punya kehidupannya sendiri, yaitu keluarga. Guru juga punya anak yang harus dirawat setiap hari. Tapi dia sering berkorban waktu meninggalkan anaknya hanya untuk mencerdaskan anak-anak lain. Di pagi buta harus siap-siap berangkat ke sekolah, belum lagi jika ada pelajaran tambahan yang membuatnya pulang hingga larut.

6. Guru Akan Terus Berjuang

guru
photo : pixabay

Perlu diingat juga bahwa guru tidak akan pernah berhenti berjuang dalam mendidik serta mencerdaskan generasi penerus bangsa. Setiap tahun selalu menerima murid baru dan itu akan dilakukan sampai dia pensiun atau fisik sudah tidak mendukung lagi.

Itulah beberapa fakta tentang guru yang harus kamu ketahui. Jadi, masih pantaskah kita untuk membangkang kepada guru?

Author  : Maulana Affandi