Film tentang kiamat memang cukup mengerikan dan bisa buat orang sulit tidur. Tapi di balik itu, tidak sedikit yang gemar menontonnya. Bahkan, dalam banyak kesempatan, film tentang kiamat sering mendapat penghargaan, misalnya film yang berjudul 2012 yang berhasil menyabet beberapa penghargaan sekaligus.

Itu membuktikan bahwa sebenarnya film tentang kiamat sangat diminati oleh kebanyakan penikmat film. Apakah kamu juga sama? Kalau benar, kali ini Sastrawacana.id akan memberikan 10 referensi film kiamat yang bisa kamu tonton.

Baca juga: 5 Film Thailand Lucu dan Konyol, Dijamin Ngakak!

1. Seeking a Friend for the End of the World

Seeking a Friend for the End of the World

Film ini bercerita tentang bumi yang akan dihantam oleh asteroid bernama Matilda. Semua orang yang mengetahui kabar mengerikan ini akhirnya melakukan segala aktivitas yang belum pernah dilakukan sebelum petaka besar menimpa bumi. Sedangkan Dodge Petersen (Steve Carrel) yang baru saja ditinggal oleh sang istri, berniat untuk mencari kembali highschool sweetheart yang beberapa bulan sebelumnya mencoba untuk rujuk kembali.

2. These Final Hours (2013)

These Final Hours

These Final Hours (2013) merupakan film asal Australia yang menceritakan tentang meteor ganas menghantam bumi di Atlantik Utara. Cerita film ini difokuskan pada sosok pemuda bernama James (Nathan Philips) yang berjuang menyelamatkan seorang gadis kecil dari musibah besar yang melanda bumi.

3. Interstellar (2014)

Interstellar

Interstellar (2014) menceritakan tentang sebuah tim penjelajah antar galaksi harus melewati lubang cacing dan terjebak di dimensi waktu ruang angkasa dalam upaya untuk menjamin kelangsungan hidup umat manusia di planet bumi. Dalam film ini, diceritakan bahwa bumi sudah tak layak untuk dihuni sehingga tim tersebut menjelajah ruang angkasa untuk mencari hunian baru bagi seluruh penghuni bumi.

4. Knowing (2009)

Knowing

Knowing (2009) menceritakan tentang Nicolas Cage yang menemukan deretan angka-angka misterius dari anaknya. Setelah dicermati lebih lanjut, ternyata angka-angka misterius itu bukanlah angka biasa. Namun merupakan angka yang menunjukkan tanggal, koordinat, dan jumlah korban dari suatu bencana yang akan terjadi di muka bumi.

5. Melancholia (2011)

Melancholia

Film kiamat Melancholia (2011) menceritakan tentang sebuah planet baru yang bernama Melancholia mulai memasuki sistem tata surya dari belakang matahari. Kabar buruknya, planet ini akan segera menabrak bumi. Bahkan, bentuknya jelas terlihat di langit yang membuat semua orang panik, ketakutan.

Baca juga: 5 Perbedaan Film dan Sinetron, Simak Yuk!

6. Miracle Mile (1988)

Miracle Mile

Seorang pria muda bertemu dan jatuh cinta dengan seorang wanita muda di La Brea Tar Pits di Los Angeles. Daerah ini dikenal sebagai Miracle Mile, dan seluruh film berlangsung di sana. Mereka membuat kencan, yang dia lewatkan, dan ketika dia mencarinya, dia tidak sengaja mengetahui bahwa kita (Amerika Serikat) akan memulai perang nuklir dengan Uni Soviet. Dia dengan panik mencarinya sehingga mereka dapat melarikan diri dari Los Angeles.

7. Volcano (1997)

volcano film

Film Volcano (1997) menceritakan tentang gunung berapi yang tiba-tiba muncul di tengah kota Los Angeles. Tommy Lee Jones yang berperan sebagai anggota badan tim SAR dan berusaha mencegah lahar yang membanjiri kota serta menewaskan banyak warga.

8. Armageddon

Armageddon

Setelah New York hancur oleh ratusan meteor kecil, NASA menemukan sebuah asteroid seukuran kota Texas yang akan menabrak Bumi. Tim pengebor terbaik pun segera disewa oleh NASA demi menyelamatkan Bumi.

9. Deep Impact

Deep Impact

Sebuah komet telah diprediksi akan menghantam bumi dan menghancurkan umat manusia. Presiden Amerika Serikat pun mulai membangun jaringan gua bawah tanah untuk menyelamatkan satu juta rakyatnya.

Baca juga: Apa Perbedaan Bollywood dan Tellywood?

10. The Day After Tomorrow

The Day After Tomorrow

Profesor Jack Hall menyadari dampak pemanasan global bisa mengubah planet bumi kembali ke jaman es. Kini, ia nekat membelah badai salju ekstrim demi menyelamatkan putranya yang terjebak di New York.

11. The Perfect Storm

The Perfect Storm

Film ini menceritakan tentang sebuah pola badai besar yang tak biasa menjebak beberapa nelayan komersial yang tidak menyadarinya dan menempatkan mereka dalam bahaya luar biasa.

12. Poseidon

Poseidon film

Pada malam tahun baru, gelombang raksasa menabrak Poseidon, sebuah kapal pesiar mewah dan membuatnya terbalik. Air bah segera menerjang masuk dan penumpang harus menemukan cara untuk bertahan hidup.

13. The Impossible

The Impossible

The Impossible menceritakan tentang sebuah bencana tsunami yang menewaskan banyak orang. Film ini cukup bisa membuat penontonnya merasakan hal yang sama karena dalam kisahnya juga menceritakan tentang perjualan ayah, ibu, dan ketiga putranya yang terpisah karena tsunami.

14. San Andreas

San Andreas

Film San Andreas menceritakan tentang lempengan San Andreas yang mengalami pergeseran hingga menimbulkan gempa dan tsunami dahsyat. Dwayne Johnson bersama istrinya dari Los Angeles berusaha menemukan anaknya di lokasi bencana.

15. 2012

Film kiamat 2012

Siapa yang tidak tahu film ini? Film yang sempat hits dan jadi perbincangan ini digadang sebagai salah satu film kiamat paling menyeramkan. Saat marak isu tentang kiamat, film ini muncul dan mampu membuat semua orang ketakutan. Ceritanya tentang air laut yang meluap sehingga menghancurkan bumi dan menewaskan banyak manusia.

Nah, itulah beberapa film tentang kiamat dan bencana alam yang bisa kalian tonton. Suka dengan artikel ini? Jangan lupa share, ya!