Beberapa bulan belakangan, dunia tengah dihebohkan dengan mewabahnya pandemi Covid-19 atau yang lebih akrab disebut virus corona. Virus ini terbilang cukup mematikan dan penyebarannya sangat cepat. Setiap hari, jumlah kasus positif terus bertambah sehingga pemerintah memberikan kebijakan-kebijakan guna memutus rantai penyebaran.

Namun, tahukah kamu bahwa sebelum terjadinya pandemi covid-19, dunia juga pernah digoncangkan dengan wabah yang hampir sama. Wabah tersebut dikenal dengan nama Flu Spanyol. Ya, Flu Spanyol adalah salah satu wabah paling mematikan yang akan terus dikenang oleh sejarah.

Baca juga: Sebelum Corona, Indonesia Pernah Diserang Wabah Pes

Dihimpun dari berbagai sumber, Flu Spanyol ini terjadi antara tahun 1918-1920. Meski hanya dua tahun, tapi wabah ini benar-benar mengerikan karena total orang yang terinfeksi lebih dari 500 juta dan menewaskan sekitar 50 juta orang sedunia, termasuk Indonesia.

Bahkan, disebut-sebut jika jumlah kematian akibat Flu Spanyol ini lebih banyak daripada korban prajurit dan warga sipil pada Perang Dunia I. Berdasarkan sejarahnya, pandemi ini terjadi 3 gelombang, yang paling mematikan adalah gelombang kedua, sebelum akhirnya mereda.

Sebagai bukti sejarah Flu Spanyol, ada beberapa foto seliweran di media sosial yang ternyata tidak jauh berbeda dengan kondisi dunia saat ini yang sedang dilanda pandemi Covid-19. Adapun potret-potret zaman dulu ketika Flu Spanyol mewabah, sebagai berikut.

sejarah flu spanyol
facebook/Shankhadeep Das
virus flu spanyol
photo: ca.news.yahoo.com
wabah flu spanyol
photo: wikimedia
pandemi flu spanyol
photo: istimewa
flu spanyol
photo: pinterest