Pengertian Komunikasi

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti tidak akan terlepas dengan yang namanya komunikasi. Sebab, komunikasi adalah satu-satunya cara yang bisa kita gunakan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Mengingat bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup seorang diri, maka fungsi komunikasi sangat penting dalam kelangsungan hidup setiap manusia.

Dalam teori, komunikasi dapat dikatakan sebagai proses memindahkan, mentransfer, dan memberi informasi dari satu pihak kepada pihak yang lain (satu orang kepada orang lain).

Cara memindahkan informasi ini tidak hanya berupa verbal saja, tapi juga bisa dengan menggunakan media lain, misalnya sikap, tingkah laku, gestur, serta gerak tubuh seperti tatapan mata.

Kemudian, ukuran komunikasi bisa dilihat dari banyak informasi yang berhasil disampaikan. Ketika pihak kedua berhasil menerima informasi dari pihak pertama secara baik, maka komunikasi dapat dikatakan sukses, alias berhasil. Begitu pula sebaliknya.

Baca juga: Pengertian Sinematografi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Sebab, banyak terjadi miskomunikasi (komunikasi yang tidak baik atau gagal). Di mana kedua belah pihak tidak dapat menerima informasi, apalagi mencernanya sehingg terjadi selisih paham yang tentunya bisa membuat runyam.

Lantas, apa fungsi komunikasi? Simak informasinya berikut ini.

Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Gordon I. Zimmerman et al

Tujuan komunikasi dibagi menjadi dua kategori. Pertama, kita berkomunikasi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang penting bagi kebutuhan kita – untuk memberi makan dan pakaian kepada diri-sendiri, memuaskan kepenasaran kita akan lingkungan, dan menikmati hidup. Kedua, kita berkomunikasi untuk menciptakan dan memupuk hubungan dengan orang lain.

2. Menurut Judy C. Pearson dan Paul E. Nelson

Komunikasi mempunyai dua fungsi umum. Pertama, untuk kelangsungan hidup diri-sendiri yang meliputi: keselamatan fisik, meningkatkan kesadaran pribadi, menampilkan diri kita sendiri kepada orang lain dan mencapai ambisi pribadi. Kedua, untuk kelangsungan hidup masyarakat, tepatnya untuk memperbaiki hubungan sosial dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat.

Baca juga: Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

3. Menurut Rudolf F. Verderber

Komunikasi mempunyai dua fungsi. Pertama adalah fungsi sosial, yakni untuk memelihara hubungan dengan orang lain. Kedua adalah fungsi pengambilan keputusan, yakni untuk memutuskan dalam sebuah tindakan.

4. Menurut Thomas M. Scheidel

Kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas-diri, untuk membangun kontak social dengan orang di sekitar kita, dan untuk mempengaruhi orang lain untuk merasa, berpikir, atau berperilaku seperti yang kita inginkan.

Itulah pembahasan singkat tentang pengertian komunikasi dan manfaat komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat. Dan jangan lupa untuk membaca artikel bermanfaat lainnya hanya di Sastrawacana.