Pengertian Rumah Adat

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat kaya akan adat dan budaya. Adat sendiri merupakan bagian dari kebudayaan yang berupa gagasan, norma, kebiasaan, hukum, dan kebiasaan yang lazim di lakukan pada suatu daerah.

Mengingat negara kita tercinta ini sangat luas, maka tak heran jika Indonesia memiliki banyak adat dari berbagai suku dan daerah. Salah satu contohnya adalah rumah adat.

Ya, rumah adat adalah bangunan atau tempat hunian yang memiliki ciri khas dan makna sejarah di dalamnya.

Rumah adat juga bisa dikatakan sebagai bentuk representasi kebudayaan dalam komunitas masyarakat atau suku. Sehingga tak heran jika ada begitu banyak rumah adat di Indonesia.

Baca juga: Pengertian Komunikasi Antar Budaya dan Fungsinya

Gambar Rumah Adat di Indonesia

Nah, apa saja rumah adat di Indonesia? Agar lebih jelas, berikut adalah daftar rumah adat di Indonesia beserta gambar dan penjelasannya:

1. Rumah Adat Bolon Sumatera Utara

rumah bolon

Rumah bolon adalah rumah adat Sumatera Utara yang merupakan identitas suku Batak. Rumah adat bolon sangat khas dengan arsitektur yang unik. Selain itu, ada banyak jenis rumah adat bolon, seperti bolon Karo, bolon Angkota, bolon Simalungun, dan sebagainya.

2. Rumah Adat Gadang Sumatera Barat

rumah adat gadang

Rumah Gadang adalah rumah tradisional Minangkabau, Sumatera Barat. Rumah adat ini juga sering disebut dengan Rumah Bagonjong atau Rumah Baanjuang. Model rumah seperti ini banyak ditemui di Malaysia.

3. Rumah Adat Limas Sumatera Selatan

rumah adat limas

Rumah adat Sumatera Selatan adalah Limas. Dari namanya, dapat dijelaskan bahwa rumah ini berbentuk limas. Bangunannya pun unik, yakni bertingkat-tingkat dengan filosofi budaya tersendiri untuk setiap tingkatnya.

4. Rumah Adat Krong Bade Nanggroe Aceh Darussalam

rumah adat krong bade aceh

Rumah Krong Bade adalah rumah adat dari Nanggroe Aceh Darussalam yang biasa disebut dengan nama rumoh Aceh. Rumah adat ini cukup unik, yakni hanya memiliki satu tangga di depan untuk akses keluar masuk.

5. Rumah Adat Panggung Kajang Leko Jambi

rumah adat jambi

Rumah Panggung Kajang Leko atau biasa disebut rumah Kajang Leko adalah rumah adat atau rumah khas Jambi. Arsitekturnya cukup menarik karena rumah ini memiliki 8 ruangan di dalamnya.

6. Rumah Adat Rakyat Bengkulu

rumah ada rakyat bengkulu

Rumah adat di Indonesia selanjutnya adalah rumah rakyat. Lokasinya berada di Bengkulu. Rumah ini terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu berendo atau beranda, yang digunakan untuk menerima tamu, bilik gedang atau kamar utama, bilik gadis atau kamar anak gadis, dan lain sebagainya.

7. Rumah Adat Nowou Sesat Lampung

rumah adat lampung

Rumah adat Lampung dikenal dengan nama Nowou Sesat. Rumah tradisional adat Lampung ini termasuk kategori rumah panggung. Atapnya terbuat dari anyaman ilalang yang sebagian besar bahannya terbuat dari kayu.

8. Rumah Adat Badui Banten

rumah adat badui

Rumah Adat Banten ini merupakan rumah panggung yang cenderung dibuat tinggi karena mengikuti kontur tanah. Pada tanah yang permukaannya miring, rumah disangga dengan tumpukan batu kali. Batu tersebut berfungsi sebagai tiang penyangga bangunan agar tanah tak longsor.

9. Rumah Adat Tanean Lanjhang Madura

rumah adat madura

Tanenan Lanjhang adalah rumah adat Madura. Di mana letaknya sangat berdekatan dengan lahan garapan, mata air atau sungai. Jarak antara satu rumah dengan rumah lainnya pun terbilang cukup dekat yang merupakan simbol kekeluargaan suku Madura.

10. Rumah Adat Joglo Jawa Tengah

rumah adat joglo

Rumah adat Joglo adalah rumah khas Jawa Tengah. Menurut sejarah, nama rumah adat Joglo terdiri dari dua kata yang digabung menjadi satu. Yaitu kata “Tajug” dan “Loro” yang memiliki arti menggabungkan dua Tajug.

12. Rumah Adat Sunda Jawa Barat

rumah adat sunda

Rumah adat Sunda adalah rumah khas Jawa Barat. Pada rumah adat ini, disediakan tangga yang bernama Golodog. Tangga tersebut terbuat dari bambu atau kayu yang fungsinya untuk keluar masuk rumah.

13. Rumah Adat Kebaya DKI Jakarta

rumah adat kebaya jakarta

Rumah adat ini disebut dengan rumah kebaya karena bentuk atapnya yang menyerupai pelana dilipat. Dan jika dilihat dari samping, maka lipatan-lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya.

14. Rumah Adat Bangsal Kencono Yogyakarta

rumah adat bangsal kencono

Rumah adat Bangsal Kencono adalah rumah adat Daerah Istimewa Yogyakarta yang dulunya ditempati bangsa raja. Untuk desainnya, rumah adat Yogyakarta ini juga mirip desain rumah Joglo namun ukurannya lebih luas dan lebar.

15. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar Riau

rumah adat riau

Rumah adat Riau ini memiliki ciri khas Selasar yang lebih rendah dibandingkan ruang tengah sebagai tempat berkumpul sehingga mendapatkan julukan Selasar yang jatuh (turun).

16. Rumah Adat Belah Bubung Kepulauan Riau

rumah adat belah bubung

Belah bubung adalah rumah adat yang berasal dari provinsi Kepulauan Riau. Rumah ini memiliki ciri khas dengan bentuk atap yang bervariasi. Umumnya, rumah adat Kepulauan Riau ini punya 4 ruangan, yaitu ruang selasar, ruang induk, ruang penghubung antara dapur dan ruang dapur.

17. Rumah Adat Gapura Candi Bentar Bali

rumah adat bali

Rumah adat Bali ini merupakan cerminan dari suku Bali yang kental dengan nilai-nilai agama Hindu. Beragam keunikan serta seni arsitektur bangungan ini tidak luput dari segi filosofis yang terkandung di dalamnya.

18. Rumah Adat Panjang Kalimantan Barat

rumah adat panjang

Rumah Panjang adalah rumah adat ciri khas masyarakat Dayak yang tinggal di daerah Kalimantan Barat. Sesuai dengan namanya, rumah ini merupakan rumah panggung yang bentuknya memanjang.

19. Rumah Adat Betang Kalimantan Tengah

rumah adat betang

Rumah adat Kalimantan Tengah ini merupakan rumah hunian masyarakat Dayak, terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat permukiman suku Dayak. Bentuknya hampir mirip dengan rumah panjang yang berada di Kalimantan Barat. Hanya saja arsitekturnya yang berbeda.

Baca juga: 8 Palung Terdalam di Indonesia

20. Rumah Adat Lamin Kalimantan Timur

rumah adat lamin

Rumah Lamin adalah rumah adat dari Kalimantan Timur. Rumah Lamin adalah identitas masyarakat Dayak di Kalimantan Timur. Rumah Lamin mempunyai panjang sekitar 300 meter, lebar 15 meter, dan tinggi kurang lebih 3 meter.

21. Rumah Adat Bubungan Tinggi Kalimantan Selatan

rumah adat bubungan tinggi

Rumah adat Kalimantan Selatan ini memiliki struktur panggung. Selain itu, Rumah Bubungan Tinggi juga hanya memiliki satu tangga yang berada dibagian depan rumah. Ciri khasnya adalah atap bagian tengah yang tinggi dan melancip.

22. Rumah Adat Baloy Kalimantan Utara

rumah baloy

Rumah Baloy merupakan rumah adat yang berasal dari Kalimantan Utara. Rumah adat ini merupakan hasil kebudayaan seni arsitektur dari masyarakat suku Tidung, Kalimantan Utara.

23. Rumah Adat Pewaris Sulawesi Utara

rumah adat sulawesi utara

Ciri khas rumah ini adalah mempunyai bentuk seperti rumah panggung dan memiliki dua tangga pada bagian depan rumahnya. Hampir seluruh bagian rumah ini terbuat dari bahan dasar kayu. Kayu yang digunakan pun bukanlah jenis kayu yang sembarangan.

24. Rumah Adat Tambi Sulawesi Tengah

rumah adat sulawesi tengah

Keunikan Rumah Tambig ini adalah atapnya yang juga berfungsi sebagai dinding. Alas rumah tersebut terdiri dari susunan balok kayu, sedangkan pondasinya terbuat dari batu alam.

25. Rumah Adat Buton Sulawesi Tenggara

rumah adat sulawesi tenggara

Rumah adat Buton adalah rumah adat Sulawesi Tenggara yang dibuat dengan empat lantai. Hebatnya, rumah Buton hanya menggunakan kait kayu, tanpa mengguanakan pasak dan paku.

26. Rumah Adat Tongkonan Sulawesi Selatan

rumah adat sulawesi selatan

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng).

27. Rumah Adat Dulohupa Gorontalo

rumah adat gorontalo

Rumah adat Dulohupa dibangun berbentuk rumah panggung. Hal ini dilakukan sebagai penggambaran dari badan manusia yaitu atap menggambarkan kepala, badan rumah menggambarkan badan, dan pilar penyangga rumah menggambarkan kaki.

28. Rumah Adat Baileo Maluku

rumah adat maluku

Rumah Baileo adalah rumah adat Maluku dan Maluku Utara, Indonesia. Rumah Baileo merupakan representasi kebudayaan Maluku dan memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

29. Rumah Adat Sasadu Maluku Utara

rumah adat maluku utara

Rumah adat Sasadu memiliki bentuk yang sederhana, yaitu berupa rumah panggung menggunakan bahan kayu sebagai pilar yang berasal dari batang pohon sagu, anyaman daun sagu sebagai penutup atap rumah adat , dan memiliki dua pijakan tangga terletak di sisi kiri dan kanan.

30. Rumah Adat Dalam Loka NTB

rumah adat ntb

Rumah adat Nusa Tenggara Barat adalah Dalam Loka. Dalam Loka sendiri berasal dari 2 kata dalam bahasa Sumbawa, yakni “Dalam” yang berarti “Istana” dan “Loka” yang berarti “Dunia.

31. Rumah Adat Musalaki NTT

rumah adat ntt

Rumah adat Nusa Tenggara Timur adalah Musalaki. Sebagai penunjang fungsinya, Rumah Adat Musalaki dibagi 3 bagian. Diantaranya, Kuwu Lewa, Maga dan Atap.

32. Rumah Adat Honai Papua

rumah adat papua

Rumah Honai terbuat dari kayu dengan atap berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Honai sengaja dibangun sempit atau kecil dan tidak berjendela yang bertujuan untuk menahan hawa dingin pegunungan Papua.

Baca juga: Sejarah Prangko Dunia Sampai Masuk ke Indonesia

Nah, itulah gambar rumah adat di Indonesia lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah wawasan kita dalam mengenal adat, tradisi, dan budaya di Indonesia.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.