Gerhana matahari adalah sebuah fenomena alam yang terjadi ketika bulan berada pada posisi yang sejajar pada satu garis lurus dengan matahari dan bumi sehingga cahaya matahari tertutup sebagian atau bahkan keseluruhan.

Gerhana matahari terbilang sebagai sebuah peristiwa langka yang berlangung hanya hitungan menit. Oleh karenanya, banyak orang yang tidak melewatkan kesempatan ini. Namun, saat gerhana matahari, tidak semua wilayah di bumi kehilangan cahaya. Hanya beberapa wilayah saja yang dapat menyaksikannya,

Nah, bicara tentang matahari, kali ini Sastrawacana.id telah merangkum beberapa peristiwa gerhana matahari yang paling fenomenal sepanjang sejarah. Yuk disimak!

1. Gerhana Ugarit

ugarit
photo: flickr/peter

Gerhana Ugarit adalah salah satu gerhana matahari paling awal yang pernah tercatat dalam sejarah. Nama “Ugarit” diambil karena gerhana ini terjadi di kota kuno Ugarit yang sekarang bernama Siria. Ada dua golongan yang berdebat tentang tahun munculnya gerhana matahari pertama di dunia ini. Golongan pertama mengatakan gerhana Ugarit terjadi pada tahun 1375 SM, sedangkan golongan kedua meyakini pada tahun 1223 SM.

2. Gerhana Assyrian

Assyrian
photo: ancient-origins.net

Gerhana Assyrian juga dikenal dengan gerhana Babylonia karena dua kerajaan tersebut lokasinya berdekatan, sama-sama masuk di daerah Mesopotamia (sekarang Irak, Kuwait, Turki, dan Siria). Gerhana ini terjadi ketika masyarakat setempat baru saja mengembangkan alat untuk memprediksi gerhana matahari dan bulan. Selain itu, ada mitos beredar jika gerhana adalah sebuah pertanda kematian raja.

Baca juga: Lotus Feet, Tradisi Mematahkan Jari Kaki di Tiongkok

3. Gerhana Tiongkok Awal

gerhana tiongkok
photo: sumber.com

Menurut study dari Journal of Astronomical History and Heritage, pada tahun 1302 SM telah terjadi gerhana matahari pertama di Cina. Sedangkan pada saat itu, matahari adalah simbol kekaisaran. Maka, setelah terjadi gerhana matahari, kaisar merasa mendapat teguran dan langsung melakukan beberapa ritual, salah satunya menjadi vegetarian.

Baca juga: Sejarah Toga dan Maksud yang Tersirat di Dalamnya

4. Gerhana di India

gerhana india
photo: researchgate.net

Peristiwa gerhana matahari di India pada tahun 1868 merupakan sebuah fenomena alam yang sangat berpengaruh pada dunia sains. Pasalnya, saat terjadi gerhana matahari, seorang ahli astronomi Pierre Jules Cesar Janssen berhasil menemukan helium. Dinukil dari laman Ask an Astronomer, helium adalah zat kimia pembentuk Matahari yang akan terlihat saat gerhana datang. Penampilannya berupa garis cahaya berwarna kuning terang.

5. Gerhana di Amerika Serikat

gerhana matahari

Hampir sama dengan gerhana di India, gerhana matahari yang terjadi di Amerika pada tahun 1919 juga memiliki pengaruh besar dalam dunia sains. Yang mana pada saat itu para peneliti mencoba membuktikan teori relativitas general milik Einstein. Alhasil, teori itu benar dengan percobaan yang terjadi pada gerhana matahari pada tahun 1919.

Nah, itulah beberapa peristiwa gerhana matahari yang cukup fenomenal sepanjang sejarah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.id, ya!