Google Doodle hari ini (29/6/2020) menampilkan gambar subak di laman muka pencarian. Tahukah kamu apa itu subak? Jadi, subak adalah sistem irigasi yang digunakan petani untuk mengairi area persawahan di Bali.

Gambar animasi Doodle hari ini dibuat oleh ilustrator tanah air, Hana Augustine. Google sengaja menggunakan Doodle gambar subak untuk memperingati sistem irigasi yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya UNESCO, tepat hari ini pada tahun 2012 lalu.

Lebih dalam lagi, Subak bukan hanya sekedar infrastruktur irigasi, tapi juga menyelimuti tradisi sosial. Cerminan dari filosofi Bali Kuno Tri Hita Karana, yang bisa diterjemahkan sebagai “tiga penyebab kesejahteraan” dan menggambarkan tentang cita-cita kerohanian, antarpribadi, dan harmoni alami.

Subak sendiri bukan hal yang baru-baru saja dikenal oleh masyarakat Bali, tapi sudah ada sejak abad ke-9 dan masih lestari hingga sekarang. Oleh karenanya, Google menampilkan Doodle Subak untuk mengapresiasi serta mengenalkan warisan budaya kepada semua penggunanya.