3 Juni 1482 adalah hari jadi Kota Bogor, bersamaan dengan penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran seperti yang disebutkan pada prasasti Batutulis. Maka setiap tanggal 3 Juni, segenap warga Bogor dan jajaran pemerintahan akan memeringati hari jadi.

Tepat pada hari ini, Rabu (3/6/2020), Bogor memperingati hari jadi yang ke 538. Namun, sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang digelar cukup mewah, kali ini perayaan hari jadi akan dilangsungkan sederhana, mengingat pandemi COVID-19 masih menimbulkan keresahan oleh banyak pihak.

Baca juga: Rampogan Macan, Tradisi Bertarung Melawan Macan di Tanah Jawa

Pada HJB kali ini, Pemkot Bogor mengusung tema Sahitya Raksa Baraya yang diadopsi dari bahasa Sansekerta dan Sunda. Tajuk tersebut mengandung makna solidaritas saling menjaga antar sesama warga.

hari jadi bogor ke 538

Sedangkan, untuk logonya sendiri sangat unik, yakni menggunakan gambar kepala rusa atau uncal bermasker serta tanduk yang membentuk pola angka 538. Penggunaan logo ini bukan tanpa alasan, tapi memiliki makna tersendiri.

“Rusa mencerminkan hewan elegan yang mampu mengatasi berbagai masalah dengan kemurnian hatinya. Rusa juga dikenal sebagai hewan yang menonjolkan kegesitan ketika berlari,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor Atep Budiman, dikutip dari laman Detik.

“Pemakaian masker pada Rusa tersebut sebagai bentuk pengingat kepada warga untuk selalu menggunakan masker,” imbuhnya.