Pengertian Industri Kreatif

Perkembangan ekonomi kian hari semakin berkembang. Hal tersebut dibuktikan dengan begitu banyaknya jenis industri baru bermunculan untuk mencoba bersaing merebut pasar nasional.

Dengan begitu, persaingan pun akan semakin ketat sehingga setiap pelaku ekonomi harus lebih menyiapkan strategi yang jitu untuk dapat bertahan dari ketatnya persaingan tersebut.

Sebab, di dalam sebuah persaingan atau kompetisi pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Begitu pula dengan kompetisi di bidang ekonomi.

Namun, baru-baru ini ada satu jenis industri yang digadang memiliki prospek baik dan mampu bersaing di pasar nasional. Yap, industri tersebut adalah industri kreatif.

Tahukah kamu, apa itu industri kreatif?

Sesuai dengan namanya, industri kreatif adalah sebuah jenis bidang usaha yang memanfaatkan kreativitas sebagai bahan dasar utama.

Industri kreatif Indonesia juga sering disebut sebagai industri budaya, yang mana setiap pelakunya kebanyakan mengusung kearifan lokal dalam konsep atau tema yang dituangkan ke dalam karya.

Baca juga: Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang dari Berbagai Aspek

gambar industri kreatif

Pengertian Industri Kreatif Menurut Para Ahli

Adapun definisi industri kreatif menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Simatupang

Pengertian industri kreatif adalah yang mengandalkan keterampilan, talenta, dan kreativitas yang berpotensi dalam meningkatkan kesejahteraan.

2. Howkins

Arti industri kreatif adalah industri yang mempunyai ciri-ciri keunggulan pada sisi kreativitas dalam menghasilkan berbagai desain kreatif yang melekat pada produk barang atau jasa yang dihasilkan.

Baca juga: Ampuh, Inilah 5 Cara Mudah Terbebas Dari Hutang

3. UK DCMS Task Force

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari kreativitas individu yang secara potensial mampu untuk menciptakan kekayaan dan lapangan pekerjaan melalui eksploitasi dan pembangkitan daya cipta dan kekayaan intelektual individu tersebut.

4. Departemen Perdagangan RI Tahun 2009

Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini akan berfokus untuk memberdayakan daya cipta dan daya kreasi suatu individu.

Nah, itulah pengertian industri kreatif secara umum dan menurut para ahli. Sekarang sudah paham, kan? Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.