Salah satu tujuan dari pernikahan adalah memiliki keturunan. Ya, dengan hadirnya seorang anak dipercaya mampu membuat hubungan rumah tangga menjadi semakin erat.

Bahkan, banyak orang yang mengatakan bahwa kebahagiaan di dalam rumah tangga tidak akan sempurna tanpa kehadiran seorang anak.

Banyak pasangan suami istri yang baru saja menikah memilih untuk menunda kehamilan dengan alasan yang sangat beragam.

Ada yang ingin menunda kehamilan karena ingin menghabiskan waktu berdua, serta ada pula yang memiliki alasan karena pekerjaan.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang juga ingin segera memiliki keturunan pasca menikah, sehingga mereka tidak menggunakan KB atau cara tertentu untuk menunda kehamilan.

Apakah kamu dan pasanganmu ingin segera memiliki momongan setelah menikah? Jika iya, diperlukan persiapan khusus agar program hamilmu bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: 5 Tips Mencari Rumah Kontrakan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Persiapan Sebelum Punya Momongan

Berikut ini adalah beberapa persiapan awal yang harus dilakukan pengantin baru ketika ingin memiliki momongan, diantaranya:

1. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap orang, khususnya bagi pengantin baru yang ingin segera memiliki keturunan.

Jika biasanya pola hidupmu kurang sehat, maka mulai saat ini kamu harus bisa mengubahnya menjadi lebih baik.

Misalnya, mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur, serta makanan mengandung protein tinggi seperti daging tanpa lemak.

Menjaga pola tidur juga sangat disarankan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

2. Menjaga Berat Badan

Berat badan juga memiliki pengaruh penting terhadap kehamilan.

Pasalnya, jika berat badan berlebih, maka dapat memengaruhi kesuburun pada wanita sehingga akan sulit untuk hamil.

Sebaliknya, jika badan terlalu kurus, maka akan berdampak buruk pada kehamilan karena dapat meningkatkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

Untuk itu, sebagai persiapan awal sebelum kehamilan, sebaiknya kamu harus selalu menjaga berat badanmu agar tetap ideal.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

3. Mengatur Keuangan

Penting bagi pengantin baru untuk bisa mengatur keuangan ketika ingin memiliki momongan. Ada baiknya jika kamu menabung sebagian gaji.

Seperti yang kamu tahu bahwa saat hamil akan membutuhkan biaya yang cukup besar, misalnya untuk pergi ke dokter kandungan, membeli makanan bergizi, dan masih banyak lainnya.

Oleh sebab itu, perlu persiapan finansial yang cukup matang agar tidak bingung saat menghadapi masa kehamilan hingga persalinan.

4. Memperkaya Diri dengan Pengetahuan Kehamilan

Kehamilan bukanlah proses yang mudah untuk dilalui. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu kamu ketahui sebelum siap untuk hamil.

Oleh karenanya, perkaya diri dengan pengetahuan tentang kehamilan. Kamu bisa bertanya kepada teman atau keluarga yang sudah berpengalaman.

Kamu juga bisa menanyakan langsung kepada dokter kandungan untuk mendapatkan hasil dan jawaban yang lebih akurat.

Nah, itulah beberapa persiapan awal yang harus kamu lakukan ketika berkeinginan untuk memiliki momongan. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Author : Eva