Maraknya pemanfaatan teknologi di segala bidang, termasuk bidang ekonomi dan perbankan membuat masyarakat sadar dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Beragam inovasi digital banking yang sudah ada saat ini ikut memancing kreativitas masyarakat Indonesia untuk bisa menciptakan alternatif financial technology (fintech) dengan layanan perbankan yang semakin beragam.

Hal tersebut didasari dari kebutuhan masyarakat yang kian peduli terhadap efisiensi proses layanan perbankan, sehingga banyak dari perusahaan perbankan yang merangkul kaum muda kreatif dengan berbagai kegiatan, salah satunya melalui Financial Hackathon atau yang disebut dengan finhacks.

bank digital
Photo : pexels.com

Dengan adanya kegiatan ini, kawan-kawan dari bidang IT serta pengembang peranti lunak akan mendapatkan pelatihan mengenai coding dan materi seputar pengembangan teknologi perbankan. Setelah kegiatan pelatihan selesai, nantinya diharapkan akan ada inovasi digital banking terbaru yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Membuat layanan inovasi digital banking terbaru melalui aplikasi memang tidak mudah, perlu menetapkan fokus tujuan dan fungsi agar dalam proses pembuatan aplikasi menjadi terarah. Maka dari itu, memahami kebutuhan nasabah adalah hal yang terpenting untuk mengembangkan inovasi digital banking.