Setiap orang memiliki rencana masa depan dalam hidupnya. Baik rencana jangka panjang maupun jangka pendek. Rencana-rencana tersebut bisa berupa keinginan membeli sesuatu, target-target dalam pekerjaan atau ingin mendatangi tempat-tempat tertentu.

Rencana-rencana tersebut mendorong setiap orang untuk melakukan persiapan agar dapat mewujudkan semua rencana-rencana itu sesuai dengan waktu yang diharapkan. Kesiapan financial tentu menjadi salah satu dan faktor penentu cepat atau lambatnya suatu rencana terwujud.

Oleh karena itu orang-orang kemudian membuat pengaturan financial yang sedemikian rupa. Salah satunya dengan melakukan Investasi Saham. Sebagian orang bahkan lebih memilih berinvestasi dari pada menabung.

Meskipun pada dasarnya menabung ataupun berinvestasi dengan Investasi Saham adalah sama-sama menitipkan uang kita ke Bank bahkan bisa saja sama dalam hal jumlahnya.

Apa kemudian yang membedakan antara Investasi Saham dan menabung? Bagaimana cara membedakan Investasi Saham dan tabungan? Meski di Bank yang sama, apakah keuntungan atau manfaat dari menabung ataupun Investasi Saham juga sama?  Untuk lebih detilnya kita bisa lihat penjelasan berikut:

1. Menabung

mengatur keuangan
photo : pexels

Kelebihan dalam menabung di Bank adalah mendapatkan bunga setiap bulannya. Meskipun bagi sebagian orang bunga Bank dipandang bukan hal yang menarik, tetapi pada kalangan lain bunga Bank masih menjadi daya pikat tersendiri untuk menabung.

Keamanan dana yang kita titipkan di Bank terjamin karena dana-dana yang kita titipkan di Bank mendapat jaminan dari LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Sehingga resiko untuk mengalami kerugian menjadi lebih kecil atau sangan kecil. Terlebih kita dapat melakukan tarik tunai tabungan kita dimanapun dan kapanpun melalui ATM atau Anjungan Tunai Mandiri.

Namun yang perlu diperhatikan juga oleh kita sebelum menabung adalah, tiap-tiap Bank akan mengenakan biaya administrasi saat kita membuka rekening. Pengambilan uang tunai melalui ATM atau Anjungan Tunai Mandiri pun terbatas, tidak bisa sesuai dengan yang kita inginkan.

Dengan menabungkan uang ke Bank berarti kita menyepakati membayar administrasi serta menerima bunga dari Bank yang biasanya terbilang kecil dan membuat uang kita menjadi lambat atau tidak berkembang.

2. Investasi

investasi
photo : pexels.com

Berbeda dengan menabung. Investasi mungkin tidak terlalu dikenal dikalangan masyarakat awam. Investasi atau Investasi Saham biasanya terkenal dikalangan pembisnis dan pengusaha.

Investasi juga merupakan pilihan yang tepat sebagai menabung ala kekinian saat kita memiliki rencana-rencana besar yang membutuhkan persiapan financial yang juga besar, maka investasi menjadi pilihan yang terbaik.

Dengan Berinvestasi Saham kita telah meabung untuk kebutuhan masa depan yang lebih besar lagi karena nilai pertumbuhan saham biasanya besar dan signifikan. Artinya dari uang yang kita setorkan ke Bank untuk menabung, jika kita setorkan untuk Investasi Saham maka keuntungan Investasi Saham melebihi dari bunga Bank di tabungan.

Biasanya juga sebagaian besar perusahaan investasi sudah diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan yang menjamin uang anda dikelola oleh professional di bidang Investasi Saham. Perusahaan Investasi Saham yang menawarkan investasi dengan keuntungan seperti yang terurai di atas salah satunya adalah Mandiri Sekuritas.

Dengan berinvestasi di mandiri Sekuritas pertumbuhan dan penambahan saldo serta daya jual asset menjadi menaik lebih dari menabung. Kita juga siap jika menghadapi inflasi yang mungkin sewaktu-waktu akan terjadi.

Investasi Saham di mandiri Sekuritas juga dapat dijadikan sebagai tabungan yang akan memenuhi kebutuhan atau rencana masa depan kita karena semakin lama penambahan dan nilai aset akan semakin menaik.

Meskipun begitu hal-hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi adalah bahwa investasi adalah tabungan jangka panjang yang tidak bisa digunakan secara mendadak atau diambil sewaktu-waktu dan sebagian sesuai kebutuhan sepeti di ATM.

Investasi diperuntukan untuk kebutuhan jangka panjang yang besar dan terencana misalnya untuk biaya pendidikan atau aset berharga lainnya seperti rumah dan lain-lain.

Setelah penjelasan di atas, semoga kita semua bisa lebih jeli dalam memilih kemana akan menitipkan uang kita. Dengan segala resiko dan keuntungan yang ada. Tentunya pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kita serta kemampuan kita.

Karena baik menabung ataupun berinvestasi membutuhkan konsistensi dan kepercayaan yang kuat. Setelah yakin untuk melakukan Investasi Saham maka Mandiri Sekuritas bisa menjadi pilihan yang diutamakan.