Jenis Jenis Paragraf

Pengertian Paragraf adalah seperangkat atau sekelompok kalimat yang tersusun dari satu kalimat pokok dan beberapa kalimat penjelas.

Ditinjau dari jenisnya, paragraf dibedakan menjadi 5 jenis, diantaranya:

  1. Paragraf Narasi
  2. Paragraf Eksposisi
  3. Paragraf Persuasi
  4. Paragraf Argumentasi
  5. Paragraf Deskripsi

Agar lebih jelas, berikut adalah penjelasan dan contohnya.

1. Paragraf Narasi

Paragraf narasi adalah paragraf yang menceritakan atau mengisahkan suatu kejadian serta peristiwa sehingga seolah-olah pembaca mengalami sendiri peristiwa itu.

Contoh paragraf narasi:

Setelah ujian akhir, sekolahku libur selama seminggu. Aku pun tidak menyia-nyiakan waktu ini sehingga aku dan keluarga memilih untuk berlibur ke kampung halaman. Sekitar pukul 05.00 dini hari selepas subuh, kami berangkat menggunakan mobil. Melewati jalan yang sepi, banyak pohon dan sangat asri. Hatiku sungguh senang, apalagi udaranya sangat sejuk. Menempuh perjalanan sekitar 4 jam, akhirnya kami sampai di kampung halaman. Sesampainya di rumah, nenek menyambut kami dengan penuh suka cita.

Baca juga: Pengertian Karya Sastra Secara Umum dan Menurut Para Ahli

2. Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang isinya terkandung sejumlah pengetahuan serta informasi yang disajikan secara singkat, padat, akurat, dan tentunya mudah untuk dipahami.

Contoh paragraf eksposisi:

Berdasarkan penelitian para ahli tersebut, bisa disimpulkan bahwa tanaman obat mahkota dewa tidak hanya bisa menyembuhkan penyakit dalam saja, tapi juga penyakit luar. Tidak ada efek samping serius yang ditimbulkan oleh tanaman ini karena sifatnya alami.

3. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis.

Contoh paragraf persuasi:

Pantai Parangtritis memang memiki keindahan yang eksotis dan bisa memanjakan mata. Dipenuhi bentangan biru yang indah, pantai ini bisa membuat siapapun yang datang menjadi betah. Pantai Parangtritis juga banyak terdapat palung (pusaran air) yang tempatnya selalu berpindah-pindah sehingga menjadi pantai yang tiada duanya. Jadi, wajar saja jika setiap hari pantai ini diserbu pengunjung, apalagi hari libu.

4. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi adalah paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan, atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta yang dikemas dengan cara menarik.

Contoh paragraf argumentasi:

Pantai Blimbingsari, Banyuwangi adalah pantai yang sangat indah. Dipenuhi dengan kedai lesehan ikan bakar, menjadikan tempat wisata ini sangat nyaman. Setiap pengunjung yang datang selalu betah berlama-lama karena juga banyak wahana permainan. Namun, alangkah baiknya jika pantai ini ditata kembali, khusunya pada lahan parkir karena begitu banyak motor dan mobil yang parkirnya sembarangan sehingga menghabiskan lahan begitu banyak bagi pengguna kendaraan lainnya.

5. Paragraf Deskripsi

Paragraf deskripsi adalah paragraf yang menggambarkan sesuatu (objek) secara terperinci atau mendetil sehingga tampak seolah-olah pembaca melihat, mendengar, dan merasakannya sendiri.

Contoh paragraf deskripsi:

Dota adalah salah satu game online yang terbaik menurutku. Game ini tergolong sebagai game real time strategy. Jadi, diperlukan strategi dan skil khusus untuk dapat menaklukkan musuh ketika bermain Dota. Diperlukan kerja sama tim yang solid, sebab kalau sampai individual, maka tim akan kalah. Jadi, ada role tersendiri yang bebas dipilih, mulai dari carry hingga support yang memiliki peranan masing-masing.