Secara bahasa, jurnal bisa diartikan sebagai sebuah catatan atau tulisan ilmiah akademik yang ditulis oleh ahli dan berkompeten di bidangnya. Jurnal sendiri sangat erat kaitannya dengan pendidikan, khususnya di tingkat Perguruan Tinggi. Sebab, salah satu syarat untuk lulus adalah dengan mengerjakan tugas akhir atau skripsi yang merupakan sebuah karya ilmiah.

Tidak hanya menggunakan jurnal nasional saja, umumnya banyak mahasiswa yang mencari rujukan pada jurnal internasional untuk memperkaya referensi dari berbagai sumber rujukan yang jelas dan terpercaya.

Nah, walau jurnal internasional sangat diperlukan dalam menyusun karya ilmiah, tapi faktanya kebanyakan mahasiswa masih belum tahu di mana tempat mencari jurnal internasional. Maka dari itu, kali ini Sastrawacana.id akan merangkum 11 Situs Jurnal Internasional Pendidikan yang terpercaya. Yuk disimak!

Baca juga: 9 Situs Terpercaya untuk Latihan Psikotes Online

jurnal
photo: pexels

1. E-resources.perpusnas.go.id

Situs jurnal internasional pertama yang bisa kita kunjungi adalah E-resources.perpusnas.go.id yang merupakan situs resmi Perpustakaan Nasional Indonesia. Di sini, kita bisa mendapat banyak referensi dari berbagai disiplin ilmu. Untuk dapat mengunduh jurnal secara gratis, kita harus mendaftar terlebih dahulu. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Pertama-tama, kunjung terlebih dahulu situsnya : E-resources.perpusnas.go.id
  • Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman pendaftaran. Jika sudah punya akun, tinggal log in saja.
  • Isi data-data yang dibutuhkan. Dalam mengisi data harus benar ya.
  • Setelah daftar, jangan lupa konfirmasi yang dikirimkan ke alamat emailmu.
  • Selamat, kamu sudah bisa mengunduh jurnal yang kamu perlukan.

2. Jurnal Internasional Kesehatan – ScienceDirect

Jurnal internasional ScienceDirect adalah salah satu situs jurnal pendidikan dan jurnal internasional kesehatan yang menyediakan lebih dari 10 juta konten dari 3.500 jurnal akademik dan 34.000 buku elektronik. Untuk dapat mengakses, kunjungi saja halaman situs resminya di sini ScienceDirect. Semua jurnalnya dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu:

  • Physical Sciences and Engineering
  • Life Sciences
  • Health Sciences
  • Social Sciences and Humanities

3. Research Gate

Jurnal internasional Research Gate adalah salah satu jurnal internasional gratis yang bisa kita kunjungi untuk mencari referensi. Hebatnya, di situs ini kita bisa request jurnal yang kita cari karena situs ini juga terdapat komunitas para peneliti. Selain itu, kita juga bisa sharing dan tanya jawab oleh para akademisi yang tergabung dalam komunitas.

Baca juga: 7 Aplikasi Belajar Online Terbaik untuk Menunjang Prestasi di Sekolah

4. Cambridge Journal

Jurnal internasional Cambridge Journal adalah salah satu situs yang menyediakan banyak jurnal sebagai referensi dalam penulisan karya ilmiah. Hampir sama dengan situs jurnal lain, kita hanya perlu menuju situs resminya Cambridge Journal dan mengetikkan kata kunci jurnal yang kita cari.

5. Jurnal Internasional Akademia

Jurnal Internasional Akademia adalah situs jurnal internasional yang terfokus pada bidang pendidikan. Jadi, situs ini cocok bagi kita yang sedang menulis karya ilmiah seputar pendidikan. Sebelum mengunduh jurnal, kita diharuskan untuk register terlebih dahulu di website Academia. Bisa menggunakan Facebook atau Google.

6. Oxford Journal

jurnal oxford university

Oxfor University adalah salah satu Universitas terbaik di dunia. Ada banyak jenis jurnal dari para pakar yang tersedia di kampus ini. Jadi, saat kita sedang mencari referensi yang terpercaya, kita bisa mencari di Oxford Journal dengan mengunjungi langsung situs resminya.

7. International Journal of Education & the Arts

Situs jurnal internasional yang satu ini juga sering menjadi rujukan para peneliti. Di sini, kita bisa menemukan banyak jenis jurnal dalam bidang pendidikan dan seni. Cara mengunduhnya pun cukup mudah, kita hanya perlu mengunjungi situs International Journal of Education & the Arts dan mengetikkan kata kunci jurnal yang dicari.

8. Directory of Open Access Journal

Directory of Open Access Journal adalah salah satu jurnal internasional gratis yang bisa kita tuju untuk mencari referensi karya tulis ilmiah. Penggunaannya pun sangat mudah. Kita hanya perlu mengunjungi situs Directory of Open Access Journal dan langsung mengetikkan kata kunci bidang yang dicari.

9. Google Scholar

Google pun tak mau kalah dalam urusan pendidikan. Google ingin berkontribusi dengan meluncurkan sebuah situs bernama Google Scholar. Di situs ini, ada banyak jurnal ilmiah yang bisa kita unduh secara gratis. Untuk dapat mengunduhnya, kita harus login terlebih dahulu menggunakan akun Google.

Baca juga: 5 Aplikasi Baca Novel Online Terbaik dan Gratis

10. International Journal of Education and Research

Situs jurnal internasional yang satu ini juga bisa kita gunakan sebagai rujukan untuk mencari referensi menulis karya ilmiah. Selain itu, di International Journal of Education and Research ada juga review jurnal yang dilakukan oleh para pakar sehingga kita bisa lebih selektif dalam memilih jurnal yang akan digunakan sebagai referensi.

11. Jurnal Online LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian Republik Indonesia yang dikoordinasikan oleh Kementerian Negara Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sebagai lembaga yang berkontribusi untuk pendidikan, LIPI pun memiliki banyak jurnal yang bisa digunakan sebagai rujukan untuk menulis karya tulis ilmiah.

Nah, itulah beberapa situs jurnal internasional yang bisa kita gunakan untuk mengerjakan karya tulis ilmiah. Semoga bermanfaat, ya! Jangan lupa untuk bagikan artikel Sastrawacana ini kepada teman-teman yang membutuhkan.