Bisa menjelajah dunia dan menikmati keindahan alam adalah sebuah aktivitas yang mengasyikkan. Selain itu, juga bisa mengobati jenuh dan bising dari keramaian kota.

Maka tak heran jika banyak anak muda yang suka menghabiskan waktu liburnya dengan traveling untuk menyegarkan otak kembali.

Namun, kadang kesibukan membuat hobi traveling terbengkalai. Misalnya saat sudah masuk bangku perkuliahan, maka waktu dan pikiran akan terfokus kepada mata pelajaran sehingga aktivitas traveling bisa dilupakan.

Nah, buat kamu yang suka traveling tapi gak mau terganggu dengan waktu kuliah, berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah yang cocok untukmu. Beberapa jurusan ini memungkinkanmu belajar sambil jalan-jalan. Apa saja jurusan tersebut? Berikut diantaranya:

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Aneh Tapi Banyak Peminatnya

1. Jurusan Pariwisata

Jurusan pariwisata bisa dibilang sebagai surganya Mahasiswa yang hobi traveling. Kamu akan dikenalkan dengan seluk-beluk dunia pariwisata sehingga hobimu dapat tersalurkan. Lebih dari itu, kamu juga bisa mengetahui potensi bisnis untuk dunia pariwisata sehingga hobimu bisa menghasilkan.

2. Jurusan Kehutanan

Suka jalan-jalan ke alam? Maka jurusan kuliah kehutanan adalah pilihan yang tepat. Jurusan ini akan mengajarkanmu tentang seluk beluk dan cara merawat hutan, sampai cara memanfaatkannya. Mengingat jumlah hutan di negara kita tercinta ini sangat melimpah, maka kamu bisa berkeliling Indonesia untuk menikmati keindahan hutannya.

3. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota

Jurusan kuliah yang satu ini memungkinkanmu untuk jalan-jalan ke berbagai wilayah secara gratis, bahkan dibayar. Dalam ilmu planologi, kamu akan diajarkan tentang bagaimana mengkaji sebuah wilayah layak huni yang nantinya dibangun kepentingan masyarakat.

4. Ilmu Kelautan dan Perikanan

Buat kamu yang suka jalan-jalan ke pantai, maka jurusan kuliah ini sangat cocok untukmu. Kamu bisa keliling pantai di Indonesia untuk memantau potensi laut serta budidaya ikan. Jurusan ini cukup banyak prakteknya atau terjun langsung ke lapangan sehingga kamu bisa belajar sambil menikmati indahnya pantai.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Akreditasi Kampus, 1 Menit Selesai

5. Jurusan Antropologi

Antropologi tidak hanya mengkaji tentang budaya saja, tapi juga kehidupan sosial di suatu wilayah. Sehingga ketika kamu menjadi seorang ahli antropologi, maka kamu akan dikirim untuk meneliti berbagai wilayah di Indonesia.

6. Jurusan Arkeologi

Jurusan ini akan mengajarkanmu tentang sejarah sampai meneliti barang-barang peninggalannya dengan langsung datang ke situs atau tempat bersejarah. Jadi, sambil belajar kamupun bisa jalan-jalan ke berbagai wilayah di Indonesia.

7. Jurusan Seni dan Sastra

Sebagai seniman dan sastrawan, kamu akan memiliki karya. Nah, karya tersebut bisa kamu pajang di berbagai pameran sehingga kamu bisa berkeliling juga. Selain itu, ketika karyamu telah dikenal banyak orang, maka siap-siaplah menjadi tersohor dan diundang kesana-kemari untuk wawancara!

Yap, itulah 7 kuliah yang bisa kamu ambil jika kamu punya hobi traveling. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.