Pamer adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk menyombongkan diri dengan menunjukkan segala yang dimiliki, baik itu berupa kecerdasan intelektual, hubungan asmara, maupun materi.

Sebab, pamer tidak hanya berkutat pada barang yang dimiliki saja, tapi juga kadang pamer masalah hubungan juga.

Untuk saat ini, kebiasaan pamer semakin menjadi-jadi. Apalagi dengan adanya sosial media, sehingga kebanyakan orang bisa pamer kapanpun di akun pribadinya.

Lantas, apa sih tujuan mereka? Kenapa kok suka sekali pamer? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa alasan kenapa orang suka pamer.

Baca juga: 5 Hal yang Diharapkan Cowok Kepada Cewek Saat PDKT

1. Cenderung Ingin Diakui

Hal pertama yang membuat kebanyakan orang suka pamer adalah rasa ingin diakui. Mereka ingin diakui jika mereka bisa, punya, dan mampu. Semakin banyak reaksi dari orang lain, maka mereka pun akan semakin bangga karena menggap dirinya sudah diakui oleh orang lain.

2. Mencari Perhatian

Banyak juga orang yang suka pamer untuk mencari perhatian. Hal tersebut mungkin dikarenakan kehidupannya yang jarang diperhatikan oleh orang lain, maka dia mencari perhatian dengan cara tersebut.

3. Membranding Diri

Sebenarnya ada juga orang yang suka pamer hanya untuk membranding dirinya sendiri. Jadi, mereka fokus membentuk karakter diri di mata orang lain. Misalnya, seseorang suka pamer barang mewah, maka sebenarnya dia ingin memberi tahu orang lain bahwasanya dia suka dengan barang-barang bernuansa mewah.

4. Ingin Mendapat Pujian

Orang yang haus akan pujian akan terus memamerkan segala sesuatu yang dia miliki. Tapi sayangnya ketika dia sudah menerima pujian, bukan rasa puas yang didapatkan. Justru dia akan ketagihan sehingga semakin haus akan pujian dengan terus memamerkan sesuatu yang dianggapnya mewah.

5. Ingin Membalas Dendam

Ada juga orang yang suka pamer hanya untuk balas dendam. Mungkin di masa lalu dia pernah disakiti oleh orang lain karena keadaan. Nah, ketika kondisinya sudah membaik, maka dia ingin membalas dendam dengan cara memberi tahu orang tersebut bahwa dirinya sudah sejahtera.

6. Membuat Orang Lain Iri

Selanjutnya, orang suka pamer juga kadang punya maksud untuk membuat orang lain iri. Dia memamerkan harta, kekasih, atau pendidikan untuk membuat orang lain iri. Padahal dia sendiri tidak sadar, kalau sebenarnya hidupnya penuh dengan sandiwara saja.

7. Kode Keras

Alasan yang satu ini juga sering tersirat dari kebiasaan pamer. Di mana dia ingin memberikan informasi bahwasanya saat ini dia sudah bahagia. Misalnya ada gadis yang pamer kemesraan di media sosial. Bisa jadi dia ingin memberi kode kepada mantannya jika saat ini dia lebih bahagia daripada dulu.

Author  : Maulana Affandi