Menjadi seorang penulis adalah sebuah impian dan harapan yang sedang diperjuangkan oleh banyak orang.

Bagaimana tidak, profesi penulis adalah salah satu profesi penting yang bisa mengubah dunia dengan ide-idenya.

Bahkan untuk urusan finansial, gaji penulis juga termasuk dalam kategori yang bisa mensejahterakan.

Sudah banyak penulis yang berhasil memperbaiki keadaan ekonominya menjadi lebih baik dari karya yang diciptakan,

Kita ambil satu contoh, yaitu J.K Rowling. Siapa sih yang tidak tahu dengan penulis buku Harry Potter ini? J.K Rowling disebut-sebut sebagai salah satu wanita terkaya karena buku yang ditulisnya.

Nah, tentunya untuk menjadi seperti J.K Rowling diperlukan proses dan perjuangan yang panjang. Karena segala sesuatu yang diharapkan harus diperjuangkan semaksimal mungkin.

Banyak anak muda saat ini yang sukanya serba instan tanpa mau melalui proses yang rumit terlebih dahulu. Hal itu juga terjadi pada penulis pemula.

Baca juga: 9 Cara Menjadi Penulis, Sebulan Dijamin Sukses!

Kesalahan Penulis Pemula

Tidak sedikit penulis pemula melakukan kesalahan-kesalahan yang justru membuatnya sulit untuk menjadi penulis terkenal. Apa saja kesalahan penulis pemula? Berikut diantaranya:

1. Ingin Serba Instan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak anak muda jaman sekarang yang tidak sabaran dan ingin impiannya segera terealisasikan. Padahal dalam mencipta suatu karya itu tidak baik jika dilakukan terburu-buru.

Sebab karya akan semakin maksimal hasilnya jika dilakukan pengoreksian ulang berkali-kali.

Jangan terburu-buru mengirimkan naskah ke penerbit. Lebih baik dikoreksi lagi atau meminta pendapat dan masukan dari orang lain.

2. Salah Sasaran

Maksud dari salah sasaran adalah penulis tidak membidik penerbit atau pasar dengan tepat. Banyak terjadi, penulis pemula yang naskahnya ditolak penerbit. Hal tersebut bukan berarti naskah tidak bagus, tapi bisa jadi salah sasaran.

Sebab setiap penerbit memiliki genre dan pasarnya masing-masing. Jadi, alangkah baiknya setiap penulis mengetahui terlebih dahulu genre penerbit yang akan dituju. Daripada buang-buang waktu mengirim ke penerbit yang ujung-ujungnya ditolak.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Penerbit Selalu Menolak Naskahmu

3. Ingin Cepat Kaya

Ini adalah salah satu alasan yang kerap dipakai oleh penulis pemula. Berkaca dari para penulis senior, banyak yang ingin mengikuti jejak mereka.

Penting untuk diketahui, menulis adalah aktivitas untuk menuangkan ide yang bermanfaat kepada masyarakat. Urusan hasil, akan mengikuti dengan sendirinya.

Jangan orientasinya kepada uang saja, tapi lebih baik fokus berkarya dan bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu, penghasilan akan mengikuti dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Mengirim Naskah ke Penerbit (Dijamin Lolos)

4. Menulis Topik yang Sama

Kesalahan yang paling umum dilakukan oleh penulis pemula adalah menulis topik atau konten yang sama dengan buku lainnya.

Bagaimanapun juga penerbit selalu ingin ada hal baru yang belum pernah dibahas sebelumnya untuk mendongkrak penjualan.

Kalaupun topik yang diangkat sudah ada yang mendahului, usahakan untuk mencari sudut pandang berbeda agar karya tidak terkesan jiplak.

Kadang hal ini tidak disadari oleh penulis karena kurang referensi. Menganggap bahwa idenya original dan segar, padahal sudah pernah ditulis oleh penulis lainnya.

Jadi, perbanyaklah membaca atau mencari referensi agar topik yang akan ditulis tidak sama persis dengan buku orang lain.