Apakah pendidikan itu penting? Ya, tentu saja penting. Pendidikan sangat penting bagi setiap orang. Sebab dengan pendidikan yang baik, seseorang bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang memiliki pendidikan yang baik, salah satunya adalah meraih kesuksesan di masa depan.

Oleh karenanya tak heran jika setiap orang tua sangat peduli terhadap pendidikan anaknya.

Bahkan, kebanyakan dan hampir semua orang tua cukup tegas jika menyangkut pendidikan anaknya. Tujuannya agar anak menjadi pintar, berprestasi, dan bisa meraih cita-cita.

Namun, apakah kepintaran saja bisa membuat seseorang menjadi sukses?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa arti sukses yang sebenarnya. (Baca: makna sukses dan cara menggapainya)

Ketika kita sudah paham dengan makna sukses yang sebenarnya, maka kita bisa menelaah lebih dalam tentang tujuan kita dalam menuntut ilmu.

Penting untuk diketahui, kepintaran bukanlah satu-satunya cara untuk meraih kesuksesan. Ada hal lain yang tak kalah penting dan juga harus diperhatikan.

Ada pepatah lama yang mengatakan begini ‘banyak orang pintar, tapi tidak semuanya beruntung’. 

Dari pepatah tersebut, bisa disimpulkan bahwa tidak semua orang pintar akan sukses. Benar begitu, bukan?

Maka sangat tidak bijaksana jika kita mengatakan bahwa kunci sukses adalah kepintaran saja.

Baca juga: Kumpulan Motivasi Kerja untuk Meraih Kesuksesan

Bisa dilihat juga ketika proses rekruitmen atau seleksi calon karyawan pada perusahaan.

Kebanyakan tim penguji dari pihak perusahaan tidak hanya melihat nilai akademis saja, tapi banyak faktor lain, salah satunya adalah psikologi.

Contoh kecil itu sudah cukup menggambarkan bahwa kepintaran saja tidak cukup untuk mendapat kesuksesan.

Pintar itu ibarat daun, ia akan gugur ketika ada yang lebih pintar darinya. Ketika sudah gugur, maka tidak akan berarti, bahkan dibuang begitu saja.

Parameter menghitung kepintaran seseorang sangat bervarian. Tapi yang paling umum digunakan untuk menguji kepintaran seseorang adalah nilai serta bentuk prestasi yang didapat ketika sekolah.

Padahal, nilai itu tidak akan terlalu berpengaruh pada kehidupan nyata. Bahkan, ujung-ujungnya nilai tersebut hanya digunakan sebagai pajangan yang mangkrak di rak buku.

Jadi, sebenarnya kepintaran itu bukanlah satu-satunya alasan untuk meraih kesuksesan. Masih ada hal lain yang tak kalah penting, yaitu nilai moral dan etika yang tertanam pada diri.

Jangan girang dulu ketika kita merasa memiliki kepintaran melebihi orang lain. Sebab itu tidak bisa menjamin kesuksesan di kemudian hari.

Baca juga: Apakah Kuliah Menjamin Kesuksesan Seseorang? Inilah Jawabannya

Nilai-nilai moral dan etika harus dibangun sejak dini. Adapun nilai moral dan etika tersebut meliputi kejujuran, ketekukan, kesabaran, keberanian, kerja keras, tanggung jawab, dan keikhlasan.

Sebenarnya setiap guru sudah memberikan pelajaran ini kepada semua murid sejak dini.

Sesuai dengan tugasnya, guru tidak hanya membimbing dalam urusan akademis saja, tapi juga mendidik secara moral.

Namun ini jarang disadari. Kebanyakan hanya fokus terhadap nilai dan prestasi dengan mengenyampingkan prinsip-prinsip pemikiran tentang etika.

Tanamkan konsep perilaku dan etika yang baik sedari sekarang. Maka intelektual yang kita miliki akan terbantu olehnya untuk meraih kesuksesan.

Jadi, doronglah intelektual yang kita miliki dengan perilaku yang baik agar kesuksesan yang berada jauh di depan bisa ditarik lebih cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.

Author : Maulana Affandi