Macam Macam Batik

Berdasarkan teknik yang digunakan dalam proses pembuatan, batik dibagi menjadi beberapa macam. Apa saja macam-macam batik tersebut? Berikut diantaranya:

1. Batik Tulis

Batik tulis merupakan jenis batik spesial dan cenderung lebih mahal. Hal tersebut dikarenakan dalam pembuatan batik ini diperlukan keahlian, pengalaman, ketelitian, kesabaran, dan juga waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Sesuai dengan namanya, teknik perintang warna yang digunakan saat proses pembuatan batik tulis ini adalah dengan cara dibubuhkan di atas kain batik (seperti orang menulis) menggunakan alat yang bernama canting.

Proses pembuatan batik jenis ini memerlukan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan sehingga hasilnya harganya relatif mahal karena hasilnya pun memuaskan.

2. Batik Cap

Pembuatan batik cap menggunakan alat yang bernama cap, berbentuk lempengan yang dibuat dari tembaga dan dilengkapi dengan motif tertentu. Cap berfungsi untuk membubuhkan malam ke atas kain batik, kurang lebih fungsinya sama seperti stempel.

Dibandingkan dengan batik tulis, proses pembuatan batik cap lebih mudah dan cepat. Namun, tidak sembarang orang bisa melakukannya, tetap diperlukan pengalaman yang cukup agar hasil cap bisa rapi dan membentuk pola yang indah.

3. Batik Lukis

Batik lukis adalah batik yang dibuat dengan cara langsung melukis pada kain putih. Jadi, para seniman batik langsung membuat pola (melukis) pada sehelai kain putih. Memang terkesan mudah, tapi faktanya tidak semudah yang dibayangkan.

Seniman batik harus membayangkan pola hiasnya terlebih dahulu sebelum melukis pada kain agar hasilnya lebih kental dengan unsur seni. Selain itu, pemilihan warna juga turut memengaruhi hasil dari batik lukis.