1. Pengertian Penelitian

Penelitian adalah sebuah proses kegiatan mencari kebenaran terhadap suatu fenomena ataupun fakta yang terjadi dengan cara yang terstruktur dan sistematis. Proses ini biasanya dilakukan oleh ilmuan atau pakar yang berhubungan dengan hal yang akan dicari kebenarannya.

Misal ada sebuah penelitian yang akan menemukan fakta tentang unsur budaya yang hilang di Indonesia. Maka yang melakukan penelitian adalah pakar budaya atau orang yang benar-benar paham tentang kebudayaan.

Jadi, secara sederhana, arti dari penelitian adalah upaya untuk mengetahui sebuah fenomena dengan rangkaian yang sistematis.

2. Macam Macam Penelitian

Ada macam macam metode penelitian yang biasa digunakan dalam sebuah penelitian, mulai dari:

  • Metode penelitian kualitatif
  • Metode penelitian kuantitatif
  • Metode penelitian survei
  • Metode penelitian deskriptif
  • Metode penelitian Ekspos Facto

Namun, dari beberapa macam metode penelitian di atas, ada dua yang paling sering digunakan, yaitu metode penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Baca juga: Pengertian Teks Eksplanasi dan Contohnya

3. Pengertian Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Metode Penelitian Kualitatif:

Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berfokus pada pemahaman terhadap fenomena sosial yang terjadi di masyarakat. Pada metode penelitian ini, peneliti menggunakan perspektif dari partisipan sebagai gambaran yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian.

Metode Penelitian Kuantitatif:

Penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang bersifat sistematis dan menggunakan model-model yang bersifat matematis. Teori-teori yang digunakan serta hipotesa yang diajukan juga biasanya berkaitan dengan fenomena alam. Berikut ini adalah beberapa perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif.

4. Perbedaan Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

  • Metode penelitian kualitatif menggunakan desain secara umum, sedangkan metode penelitian kuantitatif menggunakan desain yang lebih jelas dan spesifik.
  • Metode penelitian kualitatif, menggunakan teknik penelitian berupa observasi, eksperimen atau juga dengan wawancara terbuka. Sedangkan metode penelitian kuantitatif dilakukan dengan tes, pengujian dan juga wawancara terstruktur.
  • Metode penelitian kualitatif mendapatkan data berupa deskripsi pendapat dari responden ataupun hasil catatan lapangan. Sedangkan Metode kuantitatif mendapatkan data yang berupa angka, skala maupun grafik yang bisa dihitung.

Baca juga: Pengertian Tekstologi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

5. Contoh Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Contoh Penelitian Kualitatif:

  • Judul: Metode Belajar Bahasa Indonesia untuk Siswa Sekolah Dasar.
  • Sumber data: Lingkungan Sekolah Dasar sebagai sumber data utama.
  • Teknik pengamatan: Berupa observasi terhadap metode pengajaran yang digunakan guna menentukan metode belajar Bahasa Indonesia untuk diterapkan pada siswa Sekolah Dasar.

Contoh Penelitian Kuantitatif

  • Judul: Pengaruh Metode Pembelajaran dalam Menentukan Hasil Belajar Siswa.
  • Sumber data: Menghubungkan antara pengaruh metode belajar yang digunakan dengan hasil belajar yang diraih. Jika hasilnya belajar tidak baik, maka ada metode belajar yang perlu dievaluasi. Begitu juga sebaliknya, jika hasil belajar baik, maka metode belajar perlu ditingkatkan agar hasil lebih baik.