Bali merupakan salah satu ikon pariwisata di Indonesia. Setiap hari Pulau Seribu Pura ini diserbu oleh ratusan, bahkan ribuan pengunjung, baik lokal maupun mancanegara.

Sebab, ada banyak alasan kenapa wisatawan harus datang ke Bali, salah satunya adalah karena kesenian dan budaya yang masih kental.

tari bali
Photo: pexels.com

Namun, jalan-jalan ke Pulau Dewata belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner di sana. Ya, selain terkenal akan destinasi wisatanya, Bali juga sangat kaya akan kulinernya.

Bahkan, kuliner khas Bali menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Ada begitu banyak makanan khas Bali yang bisa kalian coba, mulai dari makanan ringan, makanan berat, sampai kudapan.

Baca juga: 6 Makanan Khas Jember dengan Cita Rasa yang Sangat Lezat

Kuliner Khas Bali

Nah, supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa makanan khas Bali yang rasanya bisa bikin kalian ketagihan.

1. Rujak Kuah Pindang

rujak kuah pindang bali
Photo: warungsiki

Rujak kuah pindang menjadi salah satu makanan khas Bali yang paling favorit dan diburu oleh wisatawan.

Rujak kuah pindang sendiri merupakan rujak buah layaknya rujak biasa. Namun yang membedakan adalah rujak ini disiram dengan kuah pindang.

Alhasil, aroma dan rasanya sangat khas sehingga bisa membuat siapapun yang menyantapnya menjadi ketagihan. Tidak percaya? Coba saja!

2. Ayam Betutu

ayam betutu bali

Kalau makanan khas Bali yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ya, ayam betutu merupakan kuliner asli Bali yang memiliki rasa khas.

Bagi yang suka pedas, maka ayam betutu adalah pilihan yang tepat. Yang menjadikan ayam betutu asli Bali berbeda dengan ayam betutu lainnya adalah dari bumbu dan bahan yang digunakan.

Sebab tidak sembarang orang bisa membuat bumbu ayam betutu yang enak dan khas.

3. Sate Lilit

sate lilit bali
Photo: aktual

Bagi kalian penggemar sate, maka berbahagialah. Sebab ada sate khas Bali yang rasanya sangat nikmat dan menggoyang lidah, yaitu sate lilit.

Sesuai dengan namanya, sate ini berbeda dari sate pada umumnya. Jika kebanyakan sate adalah menusuk daging dengan batang, maka sate ini berbeda, yakni melilitkan daging ke batang.

Soal rasa, sate lilit punya cita rasa khas yang tidak akan kalian temukan di luar Bali.

4. Lawar Bali

lawar bali
Photo: pinterest

Lawar merupakan makanan khas Bali yang sudah ada sejak jaman dahulu. Makanan yang satu ini bahkan menjadi ikon ketika hari raya ataupun perayaan keagamaan di Bali.

Ada berbagai jenis lawar, mulai dari lawar kuwir sampai lawar babi.

Namun jangan khawatir, untuk bisa mengonsumsinya, kalian tidak perlu menunggu hari raya sebab ada banyak pedagang yang menyediakan makanan khas Bali ini.

5. Serombotan

serombotan bali
Photo: lumbungpadiubud.com

Mungkin kuliner yang sati ini masih cukup asing sebab hanya ada di Pulau Dewata. Serombotan adalah salad Bali.

Jadi, makanan khas Bali ini merupakan campuran dari berbagai sayur, seperti kacang panjang, bayam, kangkung, buncis, toge, pare, dan sejenisnya.

Jika di Jawa, makanan ini sejenis urap-urap. Namun yang membedakannya adalah bumbu dari serombotan ini sendiri yang bernama Kalas.

6. Nasi Jinggo

nasi jinggo

Dan yang terakhir adalah nasi jinggo. Nasi jinggo merupakan kuliner khas Bali yang sudah tersohor di Indonesia.

Bahkan, ada yang mengatakan jika nasi jinggo merupakan best dinner di Bali. Jadi, makanan ini sangat nikmat disantap pada malam hari.

Nasi jinggo sendiri berisi nasi sekepal tangan orang dewasa dengan lauk ayam suir, mie, tempe, dan sambal yang khas. Harganya pun murah, sekitar Rp5000 saja!

Nah, itulah beberapa makanan khas Bali yang wajib kalian cicipi ketika berlibur ke Pulau Dewata. Selamat mencoba, ya!

Sumber: Gagaldiet.com