Pengertian Diskusi

Diskusi adalah sebuah kegiatan interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencari solusi atas topik atau permasalahan yang sedang dibahas.

Biasanya, diskusi dilakukan oleh pelajar, walau tidak menutup kemungkinan juga dilakukan oleh pihak lain yang tujuannya sama, yakni mencari solusi atas permasalahan yang sedang dikaji.

Dari segi ilmu pengetahuan, banyak siswa yang berdiskusi dan membentuk kelompok guna mencari titik temu dari mata pelajaran yang sedang didiskusikan.

Misalnya ada soal rumit yang tidak bisa diselesaikan oleh seorang siswa, maka harus dilakukan diskusi untuk menyerap masukan-masukan dari siswa lain.

Maka dari itu, diskusi bukan hanya sebuah ajang yang digunakan untuk berinteraksi saja, tapi ada esensi lebih penting di dalamnya untuk kepentingan bersama.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli

Manfaat Diskusi Kelompok

Apa manfaat diskusi? Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari diskusi.

1. Menyelesaikan Masalah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan diskusi adalah untuk menyelesaikan masalah yang sedang dialami. Misalnya ada masalah dalam mengerjakan tugas, maka diskusi adalah cara yang tepat.

Sebab setiap orang memiliki kemampuan masing-masing. Jika kemampuan itu dikumpulkan, maka masalah akan segera terselesaikan.

2. Menyerap Aspirasi dan Saran

Manfaat diskusi adalah untuk menyerap aspirasi dan saran. Hal ini biasa dilakukan oleh beberapa pihak, misalnya perusahaan ataupun pelajar di sekolah.

Ketika ingin mengembangkan hal baru, maka diskusi adalah hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan kritik, aspirasi, saran, dan arahan dari pihak lain.

Dengan adanya diskusi yang sehat, maka konsep yang sudah disiapkan akan menjadi lebih matang dan bisa dipraktikkan dengan lebih baik.

3. Menumbuhkan Kerja Sama Tim

Kita tidak bisa hidup seorang diri karena pada dasarnya manusia dinobatkan sebagai makhluk sosial. Oleh karenanya, kita harus bekerja sama dengan orang lain untuk menggapai satu tujuan.

Misalnya kita ingin membuat penelitian tentang kebudayaan, maka kita harus berdiskusi dengan ahli budaya agar proses penelitian berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Sering terjadi, orang yang enggan berdiskusi justru salah langkah dalam menentukan keputusan sehingga hasil yang dikerjakan tidak maksimal.

4. Mendapatkan Ilmu Baru

Saat berdiskusi, setiap orang pasti akan mengemukakan gagasan serta pengetahuannya. Nah, gagasan itu kadang tidak terpikirkan sehingga bisa menjadi masukan dan ilmu bari bagi yang mendengar.

Sebab kapasitas berpikir dan pengetahuan setiap orang berbeda-beda, sehingga dengan adanya diskusi, maka semakin luas juga ilmu pengetahuan yang akan didapatkan.

5. Melatih Kreativitas

Diskusi tidak hanya ajang sebagai bertukar pikiran saja, tapi kita juga dituntut untuk kreatif dengan memberi masukan yang jitu.

Maka dari itu, setiap peserta yang fokus dengan topik diskusi akan mampu mengembangkan imajinasinya untuk berpikir lebih kreatif.

Biasanya pemikiran-pemikiran itulah yang akan menjadi titik terang atau jalan keluar dari permasalahan yang sedang dibahas.

Nah, itulah pengertian diskusi dan manfaatnya. Jadi, diskusi adalah sebuah kegiatan atau aktivitas yang bermanfaat untuk kita.

Tapi ingat, kita tidak boleh terlalu angkuh dengan mempertahankan prinsip dan tidak mau mendengar masukan orang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.