Saat masih di bangku sekolah, tentu kamu tidak asing lagi dengan ekstra kulikuler atau yang biasa disebut dengab ekskul, bukan? Ya, semua sekolah pasti memiliki program ektra kulikuler yang dijadikan sebagai program tambahan setelah mata pelajaran usai.

Ada berbagai macam ekstra kulikuler yang disediakan oleh sekolah, diantaranya seperti pramuka, musik, basket, voli, sepak bola, pecinta alam, teater dan masih banyak lainnya.

Tentu saja, sejumlah ekskul tersebut tidak harus kamu ikuti semuanya, melainkan hanya memilih salah satu yang paling kamu minati dan sesuai dengan kemampuanmu.

Menelisik lebih dalam, ternyata ada salah satu ekskul yang paling banyak diminati, ialah teater. Kamu pasti tahu apa itu teater, bukan? Teater bisa menjadi ajang untuk menunjukkan kebolehanmu dalam berakting atau memainkan peran orang lain.

Menjadi pemain teater sangatlah seru dan menyenangkan. Selain itu, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat menjadi pemain teater. Apa saja manfaat tersebut? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Tips Bermain Teater untuk Pemula

1. Menjadi Lebih Terkenal

Saat ada acara penting di sekolah, biasanya pertunjukan teater sangat diperlukan sebagai hiburan. Selain itu, pertunjukan teater juga kerap diadu dalam lomba antar sekolah, bahkan antar kota atau kabupaten. Tak heran, jika pemain teater sangat populer di Sekolah.

2. Menjadi Lebih Percaya Diri

Jika kamu termasuk orang yang kurang percaya diri dan pemalu, ada baiknya kamu mendaftar di ekskul teater. Kenapa? Karena di ekskul teater ini kamu akan dilatih untuk lebih percaya diri tampil di depan umum. Mulanya, kamu akan dilatih berdialog dengan dirimu sendiri di depan cermin. Kemudian, mulai berlatih monolog di depan teman-temanmu. Seiring berjalannya waktu, kamu akan menjadi lebih percaya diri dan tidak akan merasa malu lagi saat harus tampil di depan banyak orang.

3. Menjadi Lebih Mudah Menghafal

Dalam sebuah pertunjukan akting atau memainkan peran di dalam sebuah cerita, tentunya kamu harus menghafalkan dialog terlebih dahulu. Kebiasaan menghafal dialog tersebut bisa bermanfaat dalam cara belajarmu di kelas. Sebab, saat pelajaran berlangsung, kamu dituntut untuk menghafalkan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Dengan demikian, kamu dapat menghafalnya dengan mudah karena sudah terlatih menghafal dialog.

4. Punya Banyak Teman

Di dalam teater, pasti memiliki anggota yang cukup banyak yang berasal dari kelas yang berbeda. Ini adalah sebuah kesempatan untuk mendapatkan teman yang lebih banyak. Dengan mengikuti ekskul teater, kamu tidak hanya memiliki teman di kelas saja, melainkan juga bisa mendapatkan teman baru yang berasal dari kelas yang berbada. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa mendapatkan teman baru yang berasal dari sekolah lain saat sedang mengadakan ajang lomba pertunjukan teater.

5. Kegiatan Positif

Saat sekolah usai, kamu pasti langsung pulang ke rumah atau nongkrong tidak jelas dengan teman-teman. Kegiatan tersebut hanya membuang waktumu dengan percuma. Jika kamu mengikuti ekskul, khususnya teater maka kamu akan mendapatkan dampak positif di dalamnya. Selain itu, orang tuamu akan merasa bangga.

Nah, itulah beberapa manfaat mengikuti ekskul teater di sekolah. Menarik, bukan?

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi