Tidak bisa dipungkiri lagi jika perkembangan game saat ini sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal itu dibuktikan dengan munculnya berbagai macam jenis game pada berbagai platform.

Namun yang paling ramai dan sering dimainkan oleh anak jaman sekarang adalah game online pada smartphone. Ya, ada banyak game-game terbaru yang terus bermunculan, mulai dari game teka-teki, game petualangan, dan sebagainya.

Hal itu pula yang menyebabkan tingginya rasa kecanduan anak terhadap game sehingga muncul rasa khawatir pada orang tua. Sebab, ketika anak sudah mulai kecanduan game, biasanya prestasi di sekolah akan turun karena waktu belajarnya lebih banyak digunakan untuk bermain game.

Baca juga: 5 Kelebihan Cewek Gamer yang Jarang Diketahui oleh Cowok

Rasa khawatir memang wajar, tapi sebaiknya tidak perlu berlebihan. Sebab, dari berbagai sumber yang dihimpun, sebenarnya bermain game online memiliki beberapa manfaat yang tak terduga.

Apa saja manfaat main game? Simak informasinya berikut ini:

1. Meningkatkan Kerja Otak

otak
Photo: pixabay.com

Manfaat game yang pertama adalah bisa meningkatkan kinerja otak. Hal tersebut dikarenakan pada setiap permainan pasti memiliki tingkat kerumitan yang berbeda. Semakin rumit game yang dimainkan, maka semakin keras otak akan berpikir. Oleh karenanya, game dikatakan sebagai salah satu cara untuk mengasah dan mempertajam pikiran.

2. Melatih Kemampuan Koginitif

kemampuan kognitif
photo: pexels

Pada penelitian yang dilakukan oleh Radboud University Nijmegen di Belanda, seperti dikutip dari laman Doktersehat, disebutkan bahwa game memang memiliki efek negatif dan positif. Negatifnya adalah membuat kecanduan, sedangkan efek positifnya bisa meningkatkan kemampuan kognitif.

3. Belajar Memecahkan Masalah

manfaat game untuk anak
Photo : pexels

Dalam setiap permainan, pasti akan ada misi atau tujuan yang harus diselesaikan. Nah, misi tersebut biasanya memiliki beberapa teka-teki, alias misteri. Sehingga setiap pemainnya harus belajar memecahkan misteri tersebut agar bisa menyelesaikan misi. Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa bermain game online dikatakan cukup bermanfaat.

4. Mengenal Visual Lebih Rinci

manfaat game online
Photo: pexels

Dalam setiap game online tentu saja memiliki karakter atau hero yang jumlahnya lebih dari satu. Dari setiap hero tersebut pasti memiliki tampilan yang berbeda, baik dari segi bentuk hingga warna. Hal itulah yang akan membuat otah berlatih untuk merekam visual secara rinci ketika bermain game.

5. Mengatasi Stres

manfaat game
Photo: pixabay

Selanjutnya, manfaat main game online adalah bisa mengatasi stres. Kalau kita lihat, main game online bisa membuat orang menjadi lupa akan masalah atau stres yang sedang dialami. Itulah mengapa, relaksasi melalui game online menjadi penting. Ketika otak bisa mengelola stres, maka tubuh akan senantiasa sehat.

6. Belajar Bahasa Inggris

manfaat main game
Photo: pexels.com

Bermain game juga bisa melatih anak untuk mengenal istilah-istilah baru dalam bahasa Inggris. Hal ini telah terbukti sejak dulu, anak yang suka bermain game memiliki pembendaharaan kata bahasa Inggris lebih banyak. Bahkan, istilah-istilah yang rumit sekalipun bisa dikuasai.

Nah, itulah beberapa manfat main game online ataupun game offline yang harus kita ketahui. Namun, tetap saja kecanduan game bukanlah sebuah hal yang baik. Boleh bermain game, asal tahu waktu. Sebab setiap anak harus rajin belajar agar bisa meraih prestasi gemilang di sekolah.