Masih banyak yang beranggapan jika anak perempuan tak perlu sekolah tinggi-tinggi, toh nantinya di dapur juga. Apakah kamu pernah mendengarnya?

Yap, terkadang perkataan itulah yang membuat para perempuan putus asa dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan atau lebih tinggi.

Padahal, pendidikan itu cukup penting bagi perempuan. Sebab, fisik yang cantik jika tidak diimbangi dengan bekal ilmu bisa membuat para wanita rendah.

Untuk memiliki ilmu, perempuan perlu menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Peran perempuan untuk pria begitu besar, sehingga haruslah mempunyai pendidikan yang mumpuni.

Baca juga: Gagal Masuk Universitas Impian? Inilah yang Harus Kamu Lakukan

Nah, supaya lebih jelas, berikut ini adalah pentingnya pendidikan tinggi bagi wanita:

1. Bisa Tegas Mengambil Keputusan

Sebagian orang tua memandang anak perempuan sebelah mata, sehingga tidak menyekolahkannya tinggi-tinggi. Padahal jika wanita hanya menjadi ibu rumah tangga pun , dituntut harus pintar.

Sebab sebagai ibu rumah tangga, wanita harus bisa memberikan saran bagi suami dan anak-anaknya. Wanita itu mengambil keputusan penting di lingkup keluarganya.

Sehingga, jika wanita dalam keluarga tersebut berpendidikan tinggi, maka keputusan yang diambil atau saran yang diberikan untuk anak atau suaminya adalah keputusan dan saran yang tepat.

2. Bisa Mandiri

Roda kehidupan terus berputar, kadang berada di atas dan kadang di bawah. Dalam kehidupan rumah tangga, perempuan memang berkewajiban mengurus rumah.

Tapi, wanita juga harus bisa menjadi penyelamat keuangan rumah tangga. Saat suami penghasilannya surut, wanita harus bisa mencari tambahan uang. Oleh karena itu, wanita perlu pendidikan agar bisa membantu suami.

3. Menjadi Wanita Karir

Setelah berumah tangga, perempuan berpendidikan tinggi juga bisa melanjutkan karir. Dapat memilih pekerjaan mana yang diinginkan.

Sedangkan bagi yang belum berumah tangga, perempuan dapat berkarir dan mendapatkan jabatan yang tinggi di kantornya. Pengalaman bekerja sendiri dapat membuat wanita menjadi tangguh.

Bagi wanita sebelum menikah, menikmati jerih payah sendiri akan sangat menyenangkan dan membanggakan. Selain itu, juga bisa untuk membahagiakan orang tua dulu sebelum menikah.

Meskipun tidak bisa membalas budi orang tua, tapi setidaknya itu menjadi wujud cinta kasih kepada mereka. Itulah pentingnya pendidikan bagi wanita.

Baca juga: 5 Profesi yang Bisa Kamu Pilih Saat Ingin Berhenti Kerja

4. Menjadi Lebih Berkualitas

Perempuan dan laki-laki mempunyai hak yang sama dalam berpendidikan. Semua orang mempunyai hak yang sama dalam menempuh pendidikan sesuai keinginan, bakat dan minatnya.

Ingatlah, kualitasmu menentukan siapa yang akan dekat denganmu nanti. Sehingga, dengan pendidikan yang baik, kamupun akan dekat dengan orang-orang yang berkualitas.