Pengertian Waduk

Waduk adalah tempat penampungan atau penyimpanan air yang digunakan ketika musim penghujan datang. Air waduk yang melimpah dimanfaatkan untuk keperluan bertani dan banyak keperluan lain di musim kemarau.

Dalam satu tahun, volume air tentu terus mengalami perubahan. Di musim kemarau, air sukar ditemukan dan di musim penghujan air menjadi sangat melimpah. Maka, waduk adalah alternatif yang bisa digunakan untuk menyimpan air untuk keperluan di saat musim kemarau.

Waduk memiliki kapasitas tampungan air yang besar dengan elevasi muka air yang tinggi. Waduk juga bisa mengatur besar aliran sungai di hilirnya menjadi lebih merata di sepanjang tahun. Waduk memiliki banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat waduk yakni sebagai sarana pengendali banjir.

Baca juga: 10 Sungai Terpanjang di Dunia

Manfaat Waduk

Waduk terdiri dari banyak jenis, salah satunya seperti waduk single purpose yang dibangun untuk satu tujuan saja seperti untuk irigasi, untuk pembangkit listrik, untuk pengendali adanya banjir, dan berbagai tujuan lainnya namun hanya untuk satu tujuan saja. Ada juga waduk multi puspose di mana waduk yang dibangun bisa memenuhi lebih dari satu tujuan.

Nah, agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa manfaat waduk bagi kehidupan manusia, diantaranya:

1. Penyediaan Air Baku

Waduk yang bisa untuk mengairi persawahan juga dimanfaatkan sebagai bahan baku air mineral. Sebagaimana yang kita semua ketahui bahwa di perkotaan sangat langka air bersih sehingga air waduk bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku air mineral. Tentunya perlu diproses terlebih dahulu agar layak minum.

2. Irigasi

Ketika musim penghujan datang, air yang turun di area tangkapan air sebagian besar mengalirnya ke sungai-sungai. Air tersebut bisa ditampung di waduk sehingga ketika musim kemarau datang. Lantas, air yang telah tertampung tersebut bisa dimanfaatkan dalam berbagai keperluan, salah satunya yakni irigasi pada lahan pertanian.

3. Olahraga Air dan Tempat Pariwisata

Waduk juga bisa dilestarikan menjadi pusat olahraga dan wisata. Tapi tempatnya harus benar-benar membuat nyaman dan aman. Selain itu, waduk juga bisa difungsikan sebagai tempat olahraga atau berlatih untuk para atlet.

Baca juga: 8 Palung Terdalam di Indonesia

4. Sebagai PLTA

Manfaat waduk lainnya sebagai PLTA. Dalam menjalankan fungsi waduk sebagai PLTA, waduk dapat dikelola sedemikian rupa demi mendapatkan kapasitas aliran listrik. PLTA atau pembangkit listrik tenaga air adalah sebuah sistem pembangkit listrik yang umumnya terintegrasi dalam bendungan yang memanfaatkan energi mekanis aliran air untuk dapat memutar turbin, kemudian diubah menjadi energi listrik menggunakan sebuah generator.

5. Pengendalian Banjir

Tujuan pembangunan waduk lainnya sebagai pengendali banjir. Pembangunan waduk membuat kemungkinan adanya banjir di musim penghujan bisa dikurangi serta di musim kemarau air yang telah tertampung itu bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti sebagai pembangkit listrik tenaga air, untuk perikanan, untuk irigasi di lahan pertanian, sebagai tempat pariwisata dan masih banyak yang lainnya.