Pernahkah kamu melihat orang yang bacanya cepat?

Misalnya ketika membaca novel, koran atau buku, tanpa waktu lama dia bisa menyelesaikan bacaannya tersebut. Padahal, pada umumnya membaca adalah sebuah aktivitas yang memakan waktu, alias cukup lama.

Ketika melihat orang yang membaca cepat, pasti kita bergumam dalam hati tentang apa yang dibaca. Apakah dia benar-benar membaca atau hanya melihat-lihat saja. Benar demikian?

Perlu untuk diketahui, tidak sedikit orang yang punya keahlian untuk membaca cepat. Walaupun sangat kilat, tapi mereka paham apa yang dibaca. Bahkan, mereka sangat mengerti maksud dan tujuan dari tulisan yang dibaca.

Kenapa demikian? Karena mereka telah terlatih untuk membaca cepat.

Maka dari itu, membaca cepat merupakan sebuah skil yang cukup bermanfaat, apalagi untuk para pelajar. Dengan skil tersebut, pelajar akan mampu belajar banyak materi dalam waktu singkat.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kebiasaan Malas Membaca

Cara Membaca Cepat

Nah, apakah kamu ingin bisa membaca cepat juga? Kalau benar, kamu harus simak beberapa tips berikut ini.

1. Membaca Tanpa Suara

Perlu diketahui, membaca dengan mengeluarkan suara akan membuat kita lebih lambat daripada membaca tanpa suara. Maka dari itu, banyak orang yang melatih untuk membaca tanpa suara agar kecepatan membaca semakin baik.

Jadi, kamu bisa mencoba untuk membiasakan membaca cepat tanpa suara dari sekarang. Lambat laun kecepatanmu akan meningkat pula.

2. Menentukan Jarak Pandang

Tahukah kamu kalau jarak pandang membaca juga menentukan kecepatan baca? Yap, usahakan untuk membaca dengan jarak yang nyaman untuk mata. Jangan terlalu dekat karena bisa membuat pusing dan berdampak buruk ke mata.

Cobalah untuk membaca dengan jarak normal sebab hal tersebut akan membuatmu lebih fokus terhadap setiap huruf dan juga bisa menjaga kesehatan mata.

Baca juga: 7 Cara Menjadi Jenius dengan Teori Leonardo da Vinci

3. Membaca Kalimat Utuh

Biasakan untuk membaca satu kalimat utuh, bukan kata per kata. Jika kamu terbiasa membaca kata per kata, itu akan membutuhkan waktu lama.

Mulai sekarang usahakan untuk memberi jeda ketika sudah membaca satu kalimat utuh. Kalau sudah terbiasa, kamu bisa mencoba untuk membaca satu paragraf utuh sebelum jeda.

4. Menggunakan Bantuan Jari

Cara ini memang terkesan seperti anak kecil yang baru belajar membaca. Tapi jangan salah, membaca dengan bantuan telunjuk jari bisa membuatmu lebih fokus, loh.

Banyak yang sudah mempraktikkannya dan terbukti berhasil. Jadi kamu bisa membaca lebih cepat dengan bantuan jari agar tidak ada kata yang terlewatkan.

5. Membuang Rasa Bosan

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah membuang rasa bosan. Memang benar, membaca adalah sebuah aktivitas yang menurut sebagian orang membosankan.

Tapi kita juga harus sadar bahwa membaca itu adalah sebuah aktivitas yang besar manfaatnya. Ingatlah bahwa semakin banyak kita membaca, maka semakin banyak pula pengetahuan dan wawasan yang akan kita dapatkan.

Nah, itulah beberapa cara dan teknik membaca cepat yang bisa kamu praktikkan dari sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.