Dewasa ini kita sadar bahwa merokok bukanlah kebiasaan yang sehat karena dalam sebatang rokok, terdapat segudang bahan kimia dan senyawa yang membahayakan tubuh. Munculnya beragam versi rokok yang baru membuat kita mempertanyakan keamanannya.

Sangat miris sekali mengetahui karena telah banyak nyawa yang melayang akibat kebiasaan merokok. Meskipun perusahaan rokok sudah memberikan peringatan melalui kemasannya, masih saja para konsumen tidak menghiraukan peringatan tersebut.

Bagaimana jika salah satu orang terdekat kita merupakan perokok aktif? Contohnya pasangan kita. Apa yang harus kita lakukan? memperingatinya saja pasti tidak cukup berarti, bukan?

Dihimpun dari berbagai sumber, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa membuat pasangan kita berhenti merokok dengan aman dan cepat. Apa saja cara tersebut? Simak informasinya berikut ini.

1. Permen karet

Perlu diketahui, seorang perokok aktif pasti akan merasa aneh di mulutnya jika tidak merokok dalam beberapa jam. Dengan mengetahuinya, kita bisa mempersiapkan beberapa permen karet sebagai pengganti kebiasaannya yang selalu menghisap rokok. Sebab, permen bisa menghilangkan rasa aneh pada mulut seorang perokok tersebut.

2. Alihkan perhatian

Ajak pasangan kita untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Contohnya saja berolahraga. Sebab, olahraga bersama pasangan banyak manfaatnya, mulai dari faktor kesehatan, hingga mendapatkan quality time bersama pasangan. Tentu sangat menyenangkan, bukan?

Baca juga : Inilah yang Akan Dilakukan Wanita Ketika Jatuh Cinta

3. Sugesti

Alangkah baiknya jika kita sebagai pasangan bisa memberikan sugesti baik dan motivasi agar pasangan kita bisa berhenti merokok. Sugesti yang paling ampuh bisa dilakukan setiap hari namun jangan setiap. Sebab, perokok aktif sangat sensitif ketika ada orang lain yang menegurnya untuk berhenti merokok.

4. Kurangi kafein

Sering kita temui jika orang merokok pasti disampingnya terdapat kopi atau semacamnya. Ini dia, kita harus mulai mengontrol dan mengurangi kandungan kafein yang akan dikonsumsi pasangan kita. Pasalnya efek kafein yang membuat kita terjaga bisa menggoda orang untuk merokok.

5. Psikiater

Jika sudah kewalahan dalam membuat pasangan untuk berhenti merokok, sangat disarankan untuk meminta bantuan psikiater. Karena dari sana kita bisa merubah kebiasaan seseorang dari sisi psikologinya. Hal ini harus ditangani oleh orang yang lebih profesional.

Baca lagi : 4 Tips Menjaga Hubungan Pernikahan Agar Tetap Langgeng