Jilbab adalah pakaian yang tujuannya menututupi aurat pada bagian atas (kepala dan rambut). Dalam bahasa Arab, jilbab bisa diartikan sebagai selendang yang fungsinya untuk menutupi kepala.

Nah, perkembangan jilbab pun terus mengalami kemajuan. Dibuktikan dengan munculnya berbagai macam model jilbab yang cantik dan inovatif.

Namun, walau saat ini sudah banyak sekali model hijab, tak sedikit yang masih bingung dalam memilih jilbab yang pas dan tepat dengan bentuk wajah.

Apakah kamu mengalami hal yang sama?

Baca juga: 7 Warna Rambut Wanita yang Diprediksi Bakal Populer Tahun 2019

Tips Memilih Jilbab Sesuai Bentuk Wajah

Kalau benar, maka kamu harus simak beberapa tips memilih jilbab berikut ini agar wajah tampak tirus dan lebih cantik.

1. Wajah Panjang

Jika kamu memiliki bentuk wajah yang panjang atau lonjong, maka sebaiknya kamu memilih model jilbab Arab atau turkish hijab style. Sebab model jilbab ini menggunakan ciput dalaman pada dahi sehingga mengurangi efek panjang pada wajah.

2. Wajah Bulat

Jika kamu memiliki bentuk wajah bulat, maka model jilbab yang cocok digunakan adalah model bergo dengan bahan loose/jatuh agar wajah terlihat lebih ramping.

3. Jidat atau Dahi Lebar

Untuk kamu yang punya dahi lebar, bisa menggunakan jilbab dengan inner/bandana yang tujuannya untuk menutupi sisi luar kanan dan kiri dahi dengan aksen silang.

Baca juga: 5 Gaya Sanggul Modern yang Bisa Membuatmu Cantik Maksimal

4. Wajah Kecil

Wajah kecil itu imut sehingga cocok menggunakan berbagai macam model jilbab. Namun, untuk hasil sempurna, kamu bisa menggunakan aksen loose dengan bahan yang jatuh ke pipi agar menambah kesan mungil dan lucu.

5. Pipi Tembem

Agar pipi tidak terlalu tembem, sebaiknya kamu memilih model jilbab yang bisa menutupi bagian bawah telinga. Untuk mendukung hasil, kamu juga bisa menambah aplikasi make up shadding pipi.

6. Wajah Kotak

Wajah kotak ditandai dengan ukuran pelipis dan pangkal rahang yang relatif sama. Bentuk wajah seperti kotak atau persegi cocok digunakan jilbab bulat yang akan membingkai dan menyamarkan garis wajah sehingga tidak terlihat persegi lagi.

Nah, itulah beberapa tips memilih jilbab sesuai dengan bentuk wajah. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya hanya di Sastrawacana.

Author : Eva