Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim akan mengumumkan syarat dan mekanisme pembukaan sekolah di masa transisi pada sore ini, Senin (15/6/2020) pukul 16.30 WIB.

Syarat dan mekanisme tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Mendikbud, Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi COVID-19.

Baca juga: Menko PMK Imbau Sekolah Agama Siap Hadapi Era 4.0

Masyarakat, orang tua, guru, dan pihak terkait bisa menyaksikan secara langsung pengumuman syarat dan mekanisme pembukaan sekolah dari Mendikbud di masa pandemi Covid-19 melalui channel Youtube Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Hamid Muhammad, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Nanti ikuti saja di Youtube (Kemendikbud),” kata Hamid, Senin (15/6/2020).

Sebelumnya, rencana pengumuman ini dijadwalkan pada Minggu pertama bulan Juni. Namun, karena kebijakan masih dalam pengkajian lintas kementerian, alhasil pengumuman urung dilaksanakan dan diganti dengan hari ini.

Kemendikbud telah menetapkan tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai pada 13 Juli 2020. Namun, tahun ajaran baru tanggal 13 Juli 2020 mendatang bukan berarti siswa sudah bisa belajar di sekolah. Keputusan belajar di sekolah akan terus dikaji berdasarkan rekomendasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.