Flu bisa melanda kapan saja, apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Ada banyak masalah yang terjadi ketika flu, salah satunya adalah hidung tersumbat dan berair. Masalah tersebut tentu saja membuat kita tidak nyaman, bukan?

Hidung tersumbat dan berair membuat kita tersiksa karena sulit bernapas. Bahkan, terkadang membuat tidur terasa tidak nyaman dan terganggu. Untuk mengatasinya, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi obat flu. Akan tetapi, jika terlalu sering mengonsumsi obat, tidak akan baik untuk kesehatan.

Lantas, bagaimana cara alami mengatasi hidung tersumbat dan berair? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Bulgarian Yoghurt, Makanan Sehat yang Ada Unsur Sejarahnya

1. Mengonsumsi Madu

minum madu
Photo: pexels.com

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa madu merupakan bahan alami yang mengandung segudang manfaat baik untuk kesehatan. Banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi dengan hanya mengonsumsi madu, salah satunya adalah masalah hidung tersumbat dan berair. Hal ini dikarenakan madu mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi. Caranya, campurkan madu dengan air hangat dan minum dua kali sehari pada pagi hari dan malam menjelang tidur.

2. Mengonsumsi Bawang

makan bawang
Photo: pexels.com

Bawang merah maupun bawang putih tidak hanya memiliki fungsi sebagai bumbu dapur untuk melezatkan masakan saja. Sama halnya madu, bawang ternyata juga memiliki sifat antibakteri yang sangat ampuh melawan virus dan bakteri penyebab flu, sehingga sangat cocok dikonsumsi ketika ingin meredakan hidung tersumbat maupun berair. Untuk mendapatkan manfaatnya, cukup dengan memakan mentah atau menjadikannya sebagai bumbu masakan seperti sup.

3. Minum Teh Hangat

minum teh hangat
Photo: pexels.com

Bahan alami selanjutnya yang berfungsu untuk mengatasi hidung tersumbat dan berair adalah teh hangat. Teh hangat terutama teh hijau kaya akan flavonoid sebagai bahan anti inflamasi dan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga sangat ampuh dalam mengatasi hidung tersumbat dan berair. Tidak hanya itu saja, teh hangat juga bisa tubuh menjadi rileks.

4. Mengonsumsi Bluberi

blueberry
Photo: pexels.com

Buah yang tergolong ke dalam keluarga beri ini ternyata memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan berupa vitamin C yang tinggi, sangat baik untuk mengatasi flu terutama meredakan hidung tersumbat dan berair. Walaupun memiliki harga yang cukup mahal, namun tidak ada salahnya membelinya untuk kesehatan.

Well, itulah 4 cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dan berair. Ingat, jangan terlalu sering minum obat apalagi hanya sakit ringan saja. Manfaatkan bahan alami yang ada di rumah.

Author : Eva