Menikah adalah sebuah hal yang paling berbahagia dan dinanti-nanti oleh setiap orang, terutama wanita. Sebab, akhir dari sebuah hubungan asmara atau pacaran adalah menikah. Dengan memutuskan untuk menikah, maka sudah tidak ada keraguan lagi dan berani berkomitmen untuk hubungan yang lebih serius.

Biasanya, pernikahan akan dilakukan oleh pasangan sebaya alias sama-sama melajang. Namun, bagaimana jadinya ketika seorang wanita ingin menikah dengan duda? Apakah hal tersebut sebuah kesalahan?

persiapan menikah
Photo: pexels

Tentu saja tidak. Sebab, apapun statusnya, asal dia punya tanggung jawab dan ketulusan, maka dia boleh menjadi pasangan hidup. Begitu pula ketika wanita yang menjalin hubungan dengan seorang duda.

Namun, sebelum beranjak ke hubungan yang lebih serius, alangkah baiknya pihak wanita untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut ini. Sebab, dari banyak kejadian, pernikahan wanita lajang dengan duda tak berakhir bahagia karena beberapa alasan. Untuk lebih jelas, simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Menjelang Pernikahan, Inilah 5 Kekhawatiran yang Muncul Pada Wanita

1. Pastikan Diri Sendiri untuk Siap Menjadi Ibu dari Anaknya

anak suami
Photo: pexels.com

Kebanyakan duda pasti memiliki anak dari mantan istrinya yang dulu. Tidak menutup kemungkinan jika anak tersebut akan ikut dengan Ayahnya. Maka ketika wanita lajang menjalin cinta dengan duda dan ingin menikah, maka yakinkan diri bahwa siap menerima anaknya, siap menyayangi anaknya, dan siap membesarkan anaknya dengan sepenuh hati. Sebab, banyak kasus terjadi hubungan dengan duda tak berjalan mulus karena faktor anak.

2. Pastikan Bahwa Dia Sudah Tidak Punya Beban Masa Lalu

duda keren
Photo: pexels.com

Selanjutnya, sebagai seorang wanita yang ingin menikahi duda, alangkah baiknya untuk memastikan bahwa dia sudah tidak punya beban masa lalu, baik dari perasaan maupun tanggungjawab. Pastikan pula bahwa dia sudah benar-benar cerai secara agama maupun secara aturan negara. Ketika dia sudah tidak punya beban masa lalu, maka dia akan memulai kehidupan baru dari awal lagi.

3. Siap Menerima Ocehan Tetangga

ocehan tetangga
Photo: pexels.com

Apapun yang kita lakukan pasti akan ada orang yang berkomentar. Begitu juga saat kita memustukan untuk menikah dengan duda, maka ocehan tetangga akan selalu terdengar. Nah, sebelum memutuskan untuk menikah, pastikan bahwa diri kita kuat dengan ocehan dari tetangga. Anggap saja itu sebagai angin lalu. Lambat laun ocehan tersebut juga akan hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Ladies, Nikahi Cowokmu Kalau dia Punya 6 Sifat ini

4. Kenali Dirinya dengan Sebaik Mungkin

menikah dengan duda
Photo: pexels.com

Sama halnya seperti menikah dengan usia sebaya, menikah dengan duda pun harus dilihat dari berbagai aspek. Kita harus mengenal betul bagaimana dirinya, mulai dari perilaku, sifat, sikap, agama, dan sebagainya. Ketika sudah merasa pas dan yakin, maka lakukanlah. Begitu juga sebaliknya, ketika masih ada yang mengganjal di hati, lebih baik pikirkan matang-matang karena menikah bukan urusan sehari atau dua hari, tapi selamanya.

5. Katakan Padanya untuk Tidak Membanding-Bandingkan

pacaran sama duda
Photo: pexels.com

Wanita mana yang suka dibanding-bandingkan? Tentu saja tidak ada satupun wanita yang suka dibandingkan dengan wanita lain. Katakan padanya untuk tidak membandingkan kita dengan mantan istrinya walau dalam urusan sekecil apapun. Sebab, setiap orang punya kekurangan dan kelebihan yang berbeda jadi sangat tidak relevan jika sampai dibanding-bandingkan.

Nah, itulah beberapa hal yang harus dipertimbangkan oleh wanita ketika ingin menikah dengan duda. Jadi, jangan sampai salah memilih, apalagi salah menentukan keputusan karena akan timbul penyesalan.

Author : Eva
Editor  : Maulana Affandi