Puncak kebahagiaan dalam sebuah hubungan adalah pernikahan. Banyak orang yang ingin menikah dengan seseorang yang spesial, tidak terkecuali wanita.

Walaupun pernikahan merupakan momen spesial, sakral, dan membahagiakan, tapi tak sedikit wanita yang masih memiliki rasa khawatir yang berlebihan saat menjelang pernikahan.

Tak jarang, rasa khawatir tersebut membuat mereka merasa cemas.

Lantas, apa saja hal-hal yang membuat wanita khawatir menjelang pernikahan? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Tips Mencari Rumah Kontrakan untuk Pasangan yang Baru Menikah

1. Khawatir Akan Persiapan yang Kurang Sempurna

Banyak hal yang harus dipersiapkan dan diurus sebelum hari istimewa itu tiba, seperti mengurus semua berkas-berkas kelengkapan nikah, menyiapkan undangan dan souvenir, serta masih banyak hal penting lainnya.

Terkadang, wanita merasa khawatir dan takut kalau-kalau persiapan yang dilakukan belum sempurna terutama mengenai jumlah tamu undangan.

Sebab, jika tidak teliti maka akan ada list undangan yang akan terlewatkan.

2. Khawatir Akan Kehidupan Setelah Pernikahan

Setelah menikah, status yang sebelumnya lajang akan berubah menjadi istri. Tak mudah menjalankan status tersebut, sebab wanita harus selalu mendampingi suami dan mengurus segala keperluan rumah.

Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa kehidupan pasca menikah tidaklah semudah saat sebelum menikah. Sehingga, tak heran jika wanita merasa khawatir dan cemas saat membayangkan hal ini menjelang pernikahan.

Baca juga: 5 Tips Mengatur Keuangan Bagi Pasangan yang Baru Menikah

3. Khawatir Apakah Pilihannya Benar atau Salah?

Biasanya, godaan yang seringkali datang pada calon pengantin adalah rasa ragu tentang apakah dia merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi suami atau istri?

Tak sedikit pula pasangan yang akan menikah memutuskan untuk menggagalkannya hanya karena alasan ini. Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus bisa menahan diri dan melawan godaan tersebut.

Yakinlah bahwa seseorang yang kita pilih adalah orang yang tepat untuk menjadi pendamping hidup kita selamanya.

4. Khawatir Keluarga Suami tidak Bisa Menerima

Dalam mencintai seseorang, kita juga harus bisa mencintai seluruh keluarganya. Namun, dalam kasus lain ada  juga keluarga dari pihak suami yang tidak bisa menerima dengan baik, begitupun sebaliknya.

Oleh karenanya, banyak wanita yang merasa khawatir akan hal ini menjelang pernikahan. Banyak dari mereka yang masih merasa takut jika nanti keluarga suami tidak bisa menerimanya dengan baik.

5. Khawatir Akan Acara Pernikahan tidak Berjalan Dengan Lancar

Setiap orang khususnya wanita pasti menginginkan acara pernikahannya berjalan dengan lancar, bukan? Namun, terkadang masih ada hal lain yang dapat mengganggu jalannya pernikahan meskipun di luar kendali.

Hal inilah yang kerap membuat wanita merasa khawatir saat menjelang pernikahan. Oleh sebab itu, kita harus bisa menyingkirkan rasa khawatir tersebut, sebab tidak semua hal bisa kita lakukan dengan sempurna.

Well, itulah beberapa rasa kahwatir yang datang menghampiri wanita menjelang pernikahan. Sebaiknya, tenangkan diri dan tanamkan keyakinan dalam hati bahwa pernikahan yang akan dilaksanakan akan berjalan dengan lancar.

Author  : Eva
Editor   : Maulana Affandi