Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memperkirakan kegiatan belaja mengajar di sekolah akan kenbali dibuka pada awal tahun 2021.

Perkiraan itu muncul karena sampai saat ini pemerintah masih melihat perkembangan situasi terkait pandemi COVID-19, terkait dengan kondisi dan dampak sosial yang terjadi. Bahkan, menurutnya dibanding dengan sektor lain, sekolah termasuk sektor paling akhir yang akan dinormalkan.

Baca juga: New Normal, Inilah Beberapa Aturan Baru di Sekolah

“Dibandingkan sektor-sektor lain, kemungkinan sekolah adalah sektor yang paling terakhir. Risikonya tidak bisa dihitung dengan mudah akibat dari pengurangan pembatasan atau pembukaan sekolah,” kata Muhadjir, dikutip dari laman inibaru.com.

Menko PMK menambahkan pemerintah tidak ingin terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan kapan sekolah akan berjalan normal kembali karena ada banyak pertimbangan yang harus dikaji lebih dalam lagi.

Baca juga: Mahasiswa Kritik Keras Mendikbud Lewat Twitter, Ada Apa Gerangan?

Hal senada juga disampaikan oleh Anam, Ketua Umum IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) yang mengatakan bahwa sekolah dibuka harus melihat perkembangan kasus COVID-19. Untuk menghindari lonjakan kasus, ia menyarankan sekolah kembali normal pada akhir Desember 2019.

“Pembukaan kembali sekolah-sekolah dapat dipertimbangkan jika jumlah kasus Covid-19 telah menurun,” ujarnya, dikutip dari laman suara.com