Pengertian Musikalisasi Puisi

Musikalisasi puisi adalah pembacaan puisi yang diiringi dengan musik, atau pemberian titinada pada baris-baris puisi sehingga menjadi sebuah karya yang tak hanya diucapkan saja, tapi juga dinyanyikan.

Pada dasarnya, musikalisasi puisi adalah mengkolaborasikan antara sastra dan musik yang menciptakan sebuah harmonisasi dan keindahan bagi pelantun maupun pendengar.

Jadi dapat disimpulkan jika musikalisasi puisi adalah pembacaan puisi dengan intonasi dan diiringi dengan musik secara dominan yang bertujuan agar pendengar lebih memahami maksud yang terkandung di dalam puisi tersebut.

Baca juga: Kumpulan Kata-Kata Bijak dan Puisi Jalaludin Rumi

Pengertian Musikalisasi Puisi Menurut Para Ahli

Adapun pengertian musikalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:

1. Lukman Hakim

Musikalisasi puisi adalah upaya untuk menonjolkan unsur musikal, sehingga sebagai karya sastra bebentuk puisi dapat lebih jelas lagi di depan khalayaknya, unsur musikal merupakan jembatan bagi khalayak untuk berhubungan dengan sajak.

2. Dedi S. Putra

Musikalisasi puisi adalah ungkapan musikal, instrument, melodi, dan nyayian ucapan. yang memiliki nuansa makna kata ekplisit dan implisit. Penghayatan menjadikan puisi mendapat kemampuan ekstra untuk berkomunikasi karena pencarian yang diciptakan.

3. Andrie S. Putra

Musikalsasi puisi adalah satu bentuk ekpresi sastra, puisi dengan melibatkan beberapa unsur seni, seperti irama, bunyi, musik, gerak, dan tari.

4. Antilan Purba

Musikalisasi puisi adalah sebuah cara dan kegiatan yang mengubah puisi menjadi lagu.

5. Brani Nasution

Musikalisasi puisi adalah memusikan atau mengubah citra puitik menjadi musikal dari sebuah puisi.

6.  Agus S. Sarjono

Musikalisasi puisi adalah mengubah musiklaitas pada puisi menjadi lebih tersa, menjadi suatu musik yang bisa didengar.

7. Fikar W. Eda

Puisi musikalisasi merupakan salah satu bentuk ekpresi yang lain, yakni menggunakan unsur-unsur bunyi yang lebih kuat untuk mengekpresikan puisi. Kalau selama ini puisi dibaca secara oral.

Musikalisasi puisi ini merupakan salah satu bentuk ekpresi yang lain, yang disampaikan dengan menggunakan medium musik atau instrumen musikalisasi adalah salah satu bentuk ekspresi alternative yang bagus untuk memahami karya sastra.

8. Kamus Kata-kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia

Musikalisasi puisi adalah sebuah hal untuk menjadikan puisi agar bersifat musik.