Beranda Artikel 7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

7 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

5
0
pendidikan wanita
photo : pexels.com

Pendidikan adalah salah satu pilar penentu kemajuan suatu bangsa. Oleh karenanya, tak heran jika semua negara di dunia ini gencar melakukan perbaikan demi perbaikan dalam sistem pendidikan. Sebab, siswa-siswa berprestasi adalah salah satu harapan bangsa di masa yang akan datang.

Nah, bicara tentang sistem pendidikan di dunia. Kali ini Sastrawacana telah merangkum 7 negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Apa saja negara itu? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 11 Situs Jurnal Internasional Gratis untuk Mahasiswa

Daftar Isi

1. Finlandia

murid finlandia

Bukan rahasia lagi jika Finlandia merupakan negara terbaik di dunia dalam sistem pendidikan. Dalam versi World Economy Forum tahun 2000, Finlandia berhasil mencapai tingkat Literacy (kemampuan baca) hingga 100 persen. Artinya tidak ada satupun warganya yang buta huruf. Mau tahu apa rahasia Finlandia sehingga menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia? Baca artikel ini : 10 Rahasia Pendidikan Finlandia Mencetak Siswa Berprestasi

2. Cina

Cina juga menjadi salah satu percontohan dunia dalam sistem pendidikan. Cina termasuk sebagai negara teratas yang masuk dalam PISA (Programme for International Student Assessment), program studi mengenai prestasi anak- anak berusia 15 tahun yang dilakukan oleh OECD, sebuah organisasi yang menaungi perkembangan perekonomian dunia.

Baca juga: 5 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris, Sebulan Pasti Lancar!

3. Kanada

belajar di perpus
Photo: pexels.com

Kanada dikenal sebagai negara dengan standar pendidikan yang cukup tinggi. Untuk mendukung program ini, pemerintah mengeluarkan anggaran yang nilainya sangat besar untuk mencetak para siswa berprestasi.

4. Korea Selatan

Negeri ginseng ini juga termasuk sebagai negara yang paling baik sistem pendidikannya. Sebagai wujud peduli terhadap pendidikan setiap warganya, Korea Selatan menggunakan teknologi sebagai sarana. Sebagai bukti, Korsel menjadi negara pertama yang memberikan akses internet super cepat kepada para siswa untuk dapat mencari ilmu dan informasi dengan mudah.

5. Jepang

lulusan sastra jepang
pexels

Negeri Sakura juga menjadi negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Jepang lebih fokus kepada pendidikan berbasis teknologi. Namun, meski teknologi adalah sarana utama untuk belajar, tapi masyarakat Jepang diajarkan untuk tetap memegang teguh budaya mereka sehingga sampai saat ini budaya Jepang tetap terjaga.

6. Singapura

Memang sedikit mengejutkan, negara tetangga kita bisa menduduki peringkat atas dalam sistem pendidikan terbaik di dunia. Hal ini dibuktikan dengan hasil riset dari The Social Progress Imperative dengan merilis hasil penelitian tentang tingkat pendidikan dasar di seluruh dunia yang tersaji melalui Index Kemajuan Sosial.

7. Belanda

Belanda juga masuk dalam kategori negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Ada berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Belanda, salah satunya adalah dengan mewajibkan para yang mengajar di taman kanak-kanak sampai sekolah lanjutan atas supaya berijazah Universitas.